Destinasi

Kilas Balik Dahsyatnya Bencana Alam 2004 di Museum Tsunami Aceh

Bencana tsunami yang melanda Banda Aceh pada 2004 menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Namun, semangat untuk bangkit terus dikobarkan yang terpampang jelas di Museum Tsunami Aceh.

Terletak di kawasan Sukaramai, Baiturrahman, Museum Tsunami Aceh menjadi monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia pada 2004. Selain menjadi spot peringatan tragedi, museum ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan tsunami sekaligus perlindungan bagi masyarakat akan bencana tersebut.

Dengan luas 2.500 meter persegi, Museum Tsunami Aceh terlihat megah dengan relief geometris di dindingnya. Setiap sudut ruangan di Museum Tsunami Aceh dirancang dengan filosofi dengan tujuan mengingatkan kembali akan kengerian bencana tsunami tersebut.

Salah satunya pintu masuk museum yang berbentuk lorong sempit dan gelap. Pintu ini didesain untuk menciptakan atmosfer pekat dan kepanikan saat tsunami terjadi.

Dinding museum ini pun dihiasi dengan gambar tarian Saman. Mengingat, tarian ini menjadi simbol kekuatan, disiplin serta kepercayaan religius para masyarakat yang datang dari suku Aceh.

Menariknya, Museum Tsunami Aceh dirancang langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia beserta timnya merancang bangunan yang kokoh dengan atap berbentuk gelombang laut sebelum diluncurkan secara resmi pada 2009 lalu.

Sebelum pulang, jangan lupa untuk menyaksikan pameran dalam bentuk simulasi gempa bumi dan tsunami yang melanda Samudra Hindia pada 2014 di salah satu bagian museum. Di sana, kamu dapat mendengar kisah-kisah korban yang selamat dari terjangan gelombang tsunami di Aceh.

Mau liburan hemat ke Aceh? Bisa banget! Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawat, dan hotel murah Aceh di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Aceh cari hotel murah  di Aceh

Foto Ilustrasi: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top