Tips

Kiat Agar Tetap Nyaman Selama Penerbangan Panjang

Banner-472x394-template

Siapa sih yang bisa menolak saat mendapat kesempatan jalan-jalan ke luar negeri? Kayaknya nggak ada ya, travelers. Tapi sebelum sampai di lokasi wisata impian, kamu harus bersabar karena menempuh perjalanan udara selama berjam-jam. Wah nggak kebayang betapa capek dan membosankannya di atas sana! But, jangan buru-buru bete dulu dan nggak jadi berangkat dong. Kali ini Pegipegi akan membagikan tips yang bisa kamu terapkan agar perjalanan panjang yang bakal kamu tempuh dengan pesawat terbang tetap terasa nyaman. Yuk, kita simak sama-sama.

1. Pilih pakaian yang tepat
Hal yang pertama kali musti kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan panjang dengan pesawat (sekitar 7 jam atau lebih) adalah pakaian yang kamu kenakan. Pilihlah pakaian dengan bahan dasar kaus dan tidak terlalu ketat. Ini agar kamu bisa bernafas dan bergerak bebas selama perjalanan. Pakaian yang kamu pilih sebaiknya berlengan panjang karena AC dalam pesawat bisa membuat kamu merasa kedinginan. Kenakan pula kaus kaki dan sepatu yang mudah dilepas dan dipakai kembali. Siapkan pula baju ganti dalam tas yang kamu bawa masuk ke kabin penumpang.

2. Bawa serta barang kesayangan
Salah satu hal yang bisa membuat kita merasa nyaman di mana pun kita berada adalah ketika ditemani barang-barang kesayangan. Bisa bantal leher, masker mata, syal, novel atau gadget full musik dan film kesayangan (meski kamu sudah menontonnya untuk kesekian puluh kalinya), atau apa saja yang bisa membantu kamu mengalihkan perhatian dan melewatkan waktu selama perjalanan.

3. Jalan-jalan
Agar badan tidak terasa pegal karena duduk terlalu lama, kamu bisa jalan-jalan di sepanjang lorong pesawat, atau melakukan senam kecil untuk meregangkan persendian kaki dan tangan. Nggak usah khawatir dimarahi pramugari karena beberapa maskapai sudah mengetahui bahwa beberapa kasus kematian mendadak yang terjadi setelah seseorang melakukan perjalanan udara dalam waktu lama adalah karena tersumbatnya pembuluh darah pada beberapa organ vital akibat kurang gerak. Trus bagaimana kalo diomeli penumpang lainnya? Ya, kamu minta ijin dulu deh. Atau senamnya di bagian belakang pesawat atau dekat toilet aja ya.

4. Berinteraksi
Menghabiskan waktu dengan berinteraksi di sosmed bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu. Tapi gimana kalo gadgetmu boros baterai dan low batt di tengah jalan? Mending berinteraksi dengan sesama penumpang aja! Selain akan lebih menghemat pemakaian baterai gadgetmu, kamu juga akan punya kenalan baru dan siapa tahu bermanfaat di masa depan. Buat kamu yang masih menjomblo, boleh kok menggunakan waktu terbang untuk mencari jodoh.

5. Posisi kursi di pesawat
Jangan sembarangan memilih kursi yang akan kamu duduki dalam pesawat, travelers, karena salah memilih kursi bisa fatal akibatnya. Bisa-bisa perjalanan kamu jadi nggak nyaman dan kamu akan tersiksa selama berjam-jam. Kalo kamu nggak suka banyak orang berlalu lalang di dekatmu, sebaiknya kamu pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Kamu juga sebaiknya mengecek penuh dan tidaknya pesawat yang kamu tumpangi jauh-jauh hari. Ini karena pesawat yang full penumpang juga bisa bikin suasana menjadi sumpek dan kurang nyaman.

6. Minum air putih
Berada di ketinggian dalam waktu lama bisa membuat tubuh kamu mengalami kekurangan cairan. Bawalah selalu air putih dalam kemasan dan segera minum jika tenggorokan terasa kering. Jauhi minuman tidak sehat semacam minuman bersoda atau kafein karena kandungan gula di dalamnya bisa membuat tenggorokan terasa lengket dan lebih cepat merasa haus.

7. Ngemil secara berkala
Kamu bisa mengisi waktu dengan makan camilan, asal jangan banyak-banyak (dan jangan lupa menawarkannya pada penumpang yang duduk di sebelah kamu). Makanlah camilan sesekali dan dalam porsi kecil agar tubuh tidak terbebani kerja lebih berat untuk memproses makanan yang kamu makan. Selain itu, terbang dengan perut terlalu penuh bisa membuat perut terasa tidak enak atau mual.

8. Minyak urut/ angin
Kalo tubuh kamu mudah masuk angin dan nggak terlalu betah lama-lama dalam ruang ber-AC, oleskan sedikit minyak angin atau minyak urut di leher bagian belakang atau pundak. Kalo kamu khawatir bau minyak angin kamu mengganggu penumpang di sebelahmu, bilang saja kamu mau pakai minyak angin dan kamu memerlukannya supaya badanmu terasa lebih nyaman. Sampaikan permintaan maaf jika baunya bikin penumpang tetanggamu mual dan pusing. Atau, bujuk saja ia supaya ikut menggunakan minyak angin/urut kamu.

9. Oleskan losion
Selain merasa haus, berada di ketinggian dalam waktu lama juga dapat membuat kulit terasa kering dan kasar. Losion tubuh dengan aroma lembut bisa mengatasi masalah ini, travelers. Oleskan secara berkala pada tangan, kaki atau leher. Kalo nggak terbiasa memakai losion kamu bisa sediakan handuk basah untuk disekakan ke wajah sewaktu-waktu kamu membutuhkan kesegaran.

Nah, gimana travelers, sudah siap terbang ‘kan? Jangan lupa, pesan tiketnya di Pegipegi ya!

 

(Visited 363 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top