Tips

Khusus Buat Newbie! 10 Tips Persiapan Mendaki Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu simbol pariwisata Indonesia yang menawan. Banyak wisatawan, baik dalam maupun luar negeri punya hasrat untuk mendaki dan menikmati panorama alamnya.

Dengan ketinggian mencapai 2,329 meter, Gunung Bromo siap membius kamu dengan pesona sunrise di pagi hari. Selain itu, beberapa spot seru, seperti gurun pasir hingga Cemoro Lawang juga menarik buat dikunjungi.

Nah, buat kamu yang belum pernah mendaki Bromo dan kepingin banget, jangan khawatir. Karena, Pegipegi punya 10 tips penting yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri mendaki Gunung Bromo. Simak, yuk!

Cari Tanggal yang Pas

Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah cari tanggal buat perginya. Musim kemarau merupakan waktu tepat karena kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang ukurannya lebih besar dengan warna yang indah. Hindari waktu musim hujan buat pergi mendaki ke Gunung Bromo.

Jangan Pergi Sendirian

Karena ini pertama kali, jangan nekat pergi sendiri. Minimal, kamu ajak satu orang yang punya pengalaman mendaki Gunung Bromo buat disertakan. Kalau ada grup traveling lebih bagus lagi. Karena, seselamatan dan keamanan anggota lebih terjaga.

Cek Kesehatan

Memastikan kesehatan tubuh dalam keadaan sehat merupakan faktor penting. Sebelum mulai mendaki, pastikan kesehatan tubuhnya dalam keadaan fit. Jika kesehatan buruk, kamu sebaiknya mengurungkan niat untuk mendaki Gunung Bromo karena bisa mengancam keselamatan. Ada sekitar 250 anak tangga yang harus kamu lewati untuk mencapai Gunung Bromo.

Pelajari Rute

Buat main ke Gunung Bromo, kamu bisa transit di kota Malang. Dengan rute Malang-Tumpang-Gubugklakah-Ngandas-Jemplang-Bromo, kamu butuh 2,5 jam perjalanan. Rute ini menjadi favorit di kalangan wisatawan ketimbang melalui Surabaya-Probolinggo. Meski medannya cukup terjal, pemandangan alam yang tersaji di sini siap memanjakan kamu.

Antisipasi Suhu Ekstrem

Dengan ketinggian 2.329 mdpl, Gunung Bromo memiliki suhu di bawah 10 derajat celcius. Jadi, buat kamu yang nggak biasa dingin, temperatur udara Bromo bisa jadi bumerang. Nah, untuk mengantisipasinya, kamu wajib membekali diri dengan jaket tebal, syal, sarung tangan hingga inhealer bagi yang memiliki asma.

Pilihan Sepatu

Sangat disarankan, bagi kamu yang ingin main ke Gunung Bromo, entah untuk mendaki ke puncak atau hanya main ke Pasir Berbisik, untuk menggunakan sepatu boot maupun hiking. Kontur yang berbatu dan terjal bakal merusak sepatu model sneaker. Bahkan, jika kamu memutuskan bersedal, bukan nggak mungkin kaki kamu bakal terluka.

Wajib Bawa Kacamata dan Masker

Berbeda dengan gunung lainnya, Bromo memiliki hembusan angin yang bercampur dengan pasir. Sehingga, akan sangat menganggu jika kamu memiliki alergi terhadap debu. Iritasi mata pun bisa muncul jika kamu nggak berhati-hati. Makan, dianjurkan untuk membawa kacamata pelindung serta masker selama berada di sana.

Supply Makanan Aman

Kawasan wisata Gunung Bromo memang sudah dijejali banyak pedagang makanan. Mulai dari warung indomie hingga kedai sate ayam, tinggal pilih! Tetapi, jika kamu ingin menghemat, silahkan mampir ke beberapa minimarket di kawasan Jemplang atau Ngandas. Bekali diri kamu, minimal dengan roti sobek atau bubur instan buat menjaga stamina. Jangan sampai menunggu lapar, deh!

Siap-Siap Tenda Rainfly

Jika ada niat menikmati sunrise di kawasan Puncak B29, Gunung Bromo, maka kamu harus bermalam. Untuk itu, kamu harus menyediakan tenda, minimal menyewa. Nah, tenda yang cocok buat kamu dirikan di Gunung Bromo adalah yang memiliki rainfly (pengait pada keempat sudut). Hal ini berguna menjaga tenda tetap aman berdiri meski diterjang angin kencang.

Hati-Hati Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari yang jatuh di puncak gunung ternyata bisa bikin kulit rusak. Demi mengantisipasi hal tersebut, maka kamu wajib mengolekskan tubuh dengan sunscreen atau tabir surya. Tugas dari tabir surya ini adalah menyerap radiasi UV sehingga nggak merusak lapisan kulit.

Tertarik main ke Gunung Bromo? Mampir dulu ke Malang. Pegipegi punya rekomendasi 5 hotel bagus di Malang buat liburan nih!

pesan tiket pesawat murah ke Malang pesan tiket kereta api murah ke Malang cari hotel murah lain di Malang

Foto utama: westjavatourismboard

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top