Destinasi

Keunikan Pulau Manimbora, Surga Wisata di Kalimantan Timur

pulau manimbora

Kamu tahu kartun Spongebob Squarepants? Kartun ini bercerita tentang uniknya kehidupan Spongebob dan kawan-kawan di Bikini Bottom. Bikini Bottom digambarkan sebagai sebuah kota yang terletak di bawah sebuah pulau dengan pohon kelapa yang sangat mencolok. 

Nah, tahukah kamu bahwa ada sebuah pulau di Indonesia yang juga memiliki pemandangan serupa? Pulau ini bahkan dijuluki sebagai Spongebob Island of Indonesia saking miripnya. Terletak di Kalimantan Timur, namanya Pulau Manimbora. 

Pulau Manimbora belakangan banyak dipilih sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Biar kamu nggak penasaran, cek informasi lengkap tentang Pulau Manimbora di sini, yuk!

Keistimewaan Pulau Manimbora

pulau manimbora

Secara geografis, Pulau Manimbora terletak di Kampung Ampen Medang, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau Manimbora merupakan sebuah pulau kecil yang sering dijadikan destinasi para traveler yang berkunjung di Pulau Derawan. Hal ini dikarenakan Pulau Manimbora terletak di jalur pulang yang dilalui para pengunjung Pulau Derawan. 

Pulau Manimbora sebenarnya nggak terlalu luas. Kamu dapat menikmati pemandangan keseluruhan pulau dari atas kapal atau dengan berkeliling selama 15 menit. Kendati demikian, sama halnya dengan pulau-pulau lain di sekitarnya, Pulau Manimbora memiliki berbagai keistimewaan yang menjadi daya tariknya. 

Salah satu keistimewaan Pulau Manimbora terletak pada pantai dengan pasir putih lembut dan air laut yang sangat jernih. Jika berkunjung pada saat air laut surut, maka kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang memanjang ke arah laut. Di sinilah, spot foto yang kece menurut para traveler

Selain itu, keistimewaan lain yang dimiliki Pulau Manimbora adalah belum berpenghuni. Benar, nggak ada satu pun keluarga yang tinggal menetap di sini, bahkan wisatawan sekalipun nggak diizinkan untuk menginap di pulau ini. 

Dengan demikian, Pulau Manimbora lebih terjaga keasriannya dan para pengunjung dapat menikmati sensasi mengunjungi pulau yang seolah ‘tak tersentuh’ oleh peradaban manusia. 

Pulau Manimbora di Mata Wisatawan

pulau manimbora
Sumber: IG @wayexplorers

Tak hanya istimewa, Pulau Manimbora juga merupakan tempat wisata unik di mata wisatawan. Mengapa demikian?

  1. Pohon Kelapa di Tengah Pulau 

Bagi kamu para pencinta kartun Spongebob Squarepants, tentunya sudah nggak asing dengan pohon kelapa yang menjadi ikon penanda lokasi Kota Bikini Bottom. Nah, Pulau Manimbora ini nggak disebut sebagai pulau Spongebob Indonesia tanpa alasan bukan? 

Hal ini dikarenakan adanya deretan pohon kelapa yang memenuhi bagian tengah Pulau Manimbora. Deretan pohon kelapa ini tumbuh dengan subur dan rimbun, serta menyatu dengan pantai berpasir putih untuk menjadikan pemandangan sekitar pantai makin menawan. 

Nah, di antara deretan pohon kelapa tersebut ada satu pohon kelapa yang tinggi menjulang dan membuat Pulau Manimbora semakin mirip dengan gambaran pulau di kartun Spongebob Squarepants

  1. Lokasi Pelaksanaan Tradisi 

Meskipun tak berpenghuni, faktanya Pulau Manimbora sering kali dikunjungi oleh masyarakat lokal, yakni suku Bajau yang sebenarnya tinggal di Pulau Balikukup. Kedatangan suku Bajau ke Pulau Manimbora biasanya berkaitan dengan pelaksanaan ritual atau tradisi, terutama pemakaman. 

Suku Bajau sering memakamkan masyarakatnya di Pulau Manimbora. Makam tersebut nantinya akan dipagari dan dilengkapi dengan patok-patok sebagai penanda wilayah makam. 

Sstt.. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Manimbora dapat sekaligus menyaksikan ritual suku Bajau secara langsung. 

  1. Ada Tulang Belulang? 

Berdasarkan kesaksian para traveler yang pernah berkunjung ke Pulau Manimbora, pada beberapa sudut pulau dapat ditemukan tumpukan tulang belulang dan tengkorak manusia asli dengan sebuah papan kayu yang diletakkan di dekatnya.

Selain itu, ada pula sebuah bangunan yang dijadikan sebagai pusara dan dilengkapi dengan kelambu kuning serta dikelilingi pagar kayu. Hal tersebut makin menambah aura mistis di Pulau Manimbora. 

Konon, tulang belulang manusia tersebut merupakan salah satu bentuk ritual dari suku Bajau. Meski demikian, hal ini belum dapat dikonfirmasi secara jelas.  

Cara Mengunjungi Pulau Manimbora

pulau manimbora

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Manimbora, maka hal pertama adalah melakukan perjalanan menuju Kota Balikpapan. Perjalanan menuju kota ini dapat ditempuh melalui darat maupun udara. 

Setelah itu, para wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke arah Bandara Sultan Aji Muhammad menuju ke Kabupaten Berau, kemudian menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu. 

Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Batu, para wisatawan dapat menyewa speedboat menuju ke Pulau Derawan. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, Pulau Manimbora terletak di jalur pulang dari Pulau Derawan. Pulau Derawan juga dikenal memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Setelah dari Pulau Derawan, wisatawan yang hendak mengunjungi Pulau Spongebob Indonesia dapat menyewa kapal untuk membawa mereka ke Pulau Manimbora. 

Hingga kini, Pulau Manimbora masih belum berpenghuni sehingga fasilitas dasar untuk wisatawan seperti toilet dan musala tampaknya masih belum tersedia. Para wisatawan yang berkunjung diharapkan membawa makanan dan minuman sendiri, tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, ya!

Kamu tertarik berkunjung ke Pulau Manimbora? Jika ya, segera rencanakan perjalananmu ke Balikpapan, Kalimantan Timur dengan memesan tiket pesawat dan hotel promo di Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: