Berita

Ketika Pria Indonesia Angkat Suara Tentang Kartini dan Emansipasi

Sosok R.A Kartini nggak akan bisa dilepaskan dari sejarah Indonesia. Karena perannya dulu, kini, para perempuan Indonesia, bisa bebas berekspresi di atas status sosial yang setara dengan kaum pria atau yang bisa disebut emansipasi.

Pemikirannya yang revolusioner dan kerja kerasnya dalam menyerukan pemerataan pendidikan bagi perempuan di Tanah Air hingga saat ini masih sangat terasa. Tongkat estafet misinya untuk membuat perempuan Indonesia lebih maju pun dilanjutkan dengan baik hingga saat ini.

Berkatnya, kini, kamu bisa melihat banyak sekali perempuan-perempuan hebat di Indonesia. Mulai dari Menteri Ekonomi, Sri Mulyani yang menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia hingga sosok DJ Yasmin, yang menjadi kiblat female disc jockey (FDJ) sukses Tanah Air.

“Raden Ajeng Kartini adalah simbol perjuangan perempuan Indonesia dan pelopor dari gerakan emansipasi wanita. Di zaman modern ini gerakan emansipasi banyak dilakukan oleh wanita di dunia, dan juga di indonesia, nggak sedikit wanita yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia” pandang pemilik nama lengkap Fahria Yasmin

Last gig on my #4gigsDalam24JamDi3kota !! 🙌🏼 photo by @gerilaksamanaaa

A post shared by Fahria Yasmin Baladraf (@dj_yasmin) on

“Kalau dulu tidak ada dj wanita dan sekarang kita bisa berekspresi sebebas mungkin, itu semua karena Kartini” tambahnya.

Well, nggak cuma para perempuan yang berhak mengenang jasa-jasa R.A. Kartini bagi Indonesia, lho! Para pria Indonesia juga punya pandangan positif tersendiri buat sang pahlawan nasional, tentu dari segala sudut.

Tapi, bagaimana cara mereka memandang? Pegipegi pun memutuskan buat ngobrol bersama keempat pria dari berbagai profesi ini tentang R.A. Kartini dan apa pengaruhnya dengan kehidupan mereka. Yuk, simak!

Franki Indrasmoro – drummer NAIF dan Raksasa, komikus

Jujur, Kartini adalah sosok perempuan yang berani. Segala pemikiran Kartini yang gue baca di buku Habis Gelap Terbitlah Terang juga sangat berani untuk seorang perempuan di zamannya. Gue hargai banget saat Bung Karno memberikan Kartini status pahlawan nasional.

Dalam kehidupan gue, Kartini berandil besar buat perempuan-perempuan di sekitar gue. Kalau dulu Kartini nggak memperjuangkan hak dirinya untuk speak up dan stand up for what she believed, mungkin istri gue, mantan istri gue, dan kakak-kakak gue yang perempuan perempuan semua itu nggak akan berani unjuk diri mendukung semua yang gue upayakan.

Mohammad Zaki – Jurnalis Rolling Stone Indonesia

R.A Kartini itu sosok wanita visioner di zamannya. Ketika wanita pada zaman itu belum terpikir akan peran mereka di luar wilayah domestik, Kartini sudah. Bahkan jauh dari itu, Beliau memperjuangkan gagasannya itu melalui pendidikan dan pergerakan nyata. Menjadi keren dan terus diingat karena Kartini sendiri berasal dari Jawa, di mana dalam budaya Jawa, wanita acap kali masih dilabeli sebagai kaum penurut dan peran yang nggak jauh-jauh dari masak-manak-macak (urusan dapur, melahirkan dan mengasuh anak, serta berdandan)

Terlepas dari latar belakang dasar pemikiran visioner nya itu, Kartini jelas layak menyandang “pendekar kaunya untuk merdeka” ya karena itu tadi, Beliau itu seorang pendobrak stereotype di zamannya.

Yorgi Gusman – Editor HAI Magazine

…..with me in the middle. #ArtScience #Museum #lights #singapore #future #world

A post shared by Yorgi Gusman (@siyorgie) on

Yang pasti sosoknya berpikiran terbuka dan sudah punya pergaulan internasional lewat surat-suratnya. Nggak heran dia punya pribadi sebagai perempuan yang berpikiran merdeka karena terpengaruh gerakan wanita di barat sana.

Pelopor pejuang wanita? Nggak juga. Tapi pelopor pemikiran bebas dari dunia perempuan? Bisa jadi! Nah, pengaruhnya buat gue dan kehidupan gue adalah gue bisa tahu darimana asal usul pemikiran perempuan-perempuan hebat Indonesia abad ke 20-21. Sedikit banyak terpengaruh oleh Kartini.

Satria Vijie – Atlet Skateboard Indonesia

 

Menurut gue, Kartini adalah sosok yg berani dan independent. Mungkin kalo nggak ada dia, perempuan-perempuan Indonesia sekarang ini nggak bisa setara dengan pria dalam segala bidang. Pengaruhnya buat kehidupan gue adalah ya gue jadi terbantu otomatis dengan para wanita yg independent yang menjunjung tinggi gendernya dan nggak manja!

Foto utama: Twitter @legacypictures

Menarik banget pendapat para pria tentang Kartini! Selain berbagi fakta soal Kartini, Pegipegi juga punya banyak diskon tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel untuk dibagi ke travelers! Yuk, rencanakan liburanmu!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 193 times, 1 visits today)

Comments

To Top