Destinasi

Ketika Hollywood Menginvasi Candi Prambanan

Candi Prambanan menarik perhatian dunia. Menjadi salah satu obyek wisata budaya di selatan Jawa, Candi Prambanan kerap menjadi lokasi syuting film-film Hollywood.

Nggak percaya? Coba cek trailer film action Beyond Skyline di Youtube, deh! Film yang digarap oleh sutradara Liam O’Donnell menggunakan Candi Prambanan sebagai latar belakang pertempuran alien!


Film yang merupakan sekuel dari Skyline ini berkisah tentang seorang detektif yang berusaha membebaskan anaknya dari sekapan alien. Sayang, invasi alien ke bumi hanya membuat usahanya makin berat.

Selain soal lokasi syuting, Beyond Skyline turut dibintangi dua aktor asal Indonesia, Iko Uwais dan Yayan Ruhian. Keduanya beradu akting dengan bintang Hollywood, Frank Grillo yang beken usai membintangi serial televisi Netflix, The Punisher.

Bukan Yang Pertama

Beyond Skyline bukan film pertama yang menggunakan Candi Prambanan sebagai lokasi syuting. Sebelumnya ada After The Dark yang sempat hadir di layar lebar pada 2013 lalu.

Film arahan John Huddles ini membawa kisah bertahan hidup 20 siswa SMA menyelamatkan manusia dari bencana nuklir. Dari 20, hanya ada 10 yang bisa bertahan.

Berdurasi 107 menit, After The Dark menggunakan Candi Prambanan sebagai latar petualangan mereka bersama dua lokasi lainnya, Bangka Belitung dan Gunung Bromo.

Yang bikin menarik dari film ini adalah hadirnya sosok Cinta Laura di antara aktor dan aktris kenamaan dunia seperti Freddie Stroma serta Bonnie Tyler. Berkat Candi Prambanan, After The Dark meraih review yang cukup positif.

Pekat dengan Mitos

Sebagai warisan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan menyimpan banyak sekali kisah maupun mitos yang patut dikulik. Jika kamu mampir, ukiran relief di dinding candi bisa menjelaskan semuanya.

Salah satu kisah yang paling dikenang adalah kisah cinta Bandung Bondowoso dengan Rara Jongrang. Demi membuktikan cintanya, Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan Rara Jongrang untuk membangun 1000 candi dalam waktu satu malam.

Foto: backpackerjakarta

Panik karena Bandung Bondowoso sudah menyelesaikan 999 candi, Rara Jongrang coba bermain licik dengan membangunkan ayam lebih pagi. Kesal dicurangi, Bandung Bondowoso pun mengutung sang putri menjadi candi ke-1000.

Konon katanya, Rara Jongrang sering menampakkan batang hidungnya. Dengan menggunakan Arca Dewi Durga, ia menjelma sebagai cahaya kemerahan yang misterius pada malam hari.

Nah, menurut mitos, cahaya tersebut bisa mempertemukan jodoh secara singkat. Nggak heran, banyak anak muda sering datang ke sini untuk mendapatkan pancaran cahaya tersebut, berharap dipertemukan dengan jodohnya.

Anyway, terlepas dari mitos, Candi Prambanan memang punya keunikan tersendiri. Nggak heran kalau para produser film dunia tertarik buat datang dan syuting di sini.

Foto utama: twisata

Mau main ke pegunungan purba ini? Sekalian liburan! Agar bujet liburanmu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah di Yogyakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 244 times, 9 visits today)

Comments

To Top