Kuliner

Ketagihan Makan Durian Medan

Buat kamu yang hobi banget makan durian dan kebetulan lagi ada di Medan, rugi berat kalau nggak mencicipi ‘The king of fruits’ yang satu ini. Bagi sebagian orang, aromanya memang menyengat dan bikin mual. Tapi rasanya yang lezat membuat banyak penikmat kuliner rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menyantapnya. Nah kalau kamu sedang ada tugas kantor atau lagi liburan di sana, pastikan ikut berburu durian Medan yang terkenal lezat, ya!

Medan dan durian
Bisa dikatakan kalau Medan dan durian seperti dua sisi mata uang karena kota ini memang identik banget dengan durian. Ini dapat dibuktikan dengan membanjirnya durian yang dijajakan di jalan-jalan protokol serta jalan arteri yang ada di Kota Medan. Tumpukan durian yang banyak tersebar di jalan ini adalah pemandangan yang sangat biasa.
Apalagi kalau lagi musim durian, bisa dipastikan akan ada banyak penjual yang menggelar ratusan durian di pinggir jalan. Mulai dari penjual dadakan, atau yang sudah punya nama besar. Biarpun yang jualan banyak, namun semua dapat rejeki sendiri-sendiri karena peminat buah durian di Medan sangatlah banyak. Belum lagi masyarakat dari luar Medan dan wisatawan yang kebetulan lagi berkunjung ke sana.

modernfarmer.com

modernfarmer.com

Pilih jenisnya sesuai selera 
Sudah rahasia umum kalau Medan adalah surga buat pecinta durian. Nggak heran, berbagai daerah di Sumatera Utara pun menjadi penghasil durian berkualitas. Mulai dari daerah Sidikalang, Siantar, dan Bahorok, masing-masing menghasilkan durian dengan ciri berbeda-beda. Kalau durian Bahorok memiliki aroma wangi dan rasa yang tajam, tapi juga memiliki sensasi rasa pahit.
Beda lagi dengan durian Sidikalang, tekstur dagingnya tebal berwarna kuning, dan rasanya manis. Aromanya yang tidak terlalu tajam membuat banyak penikmat durian lebih nyaman mengonsumsinya karena nggak bikin eneg. Sedangkan durian Siantar memiliki daging yang lebih tipis.

www.necturajuice.com

www.necturajuice.com

Ngetopnya Kedai Ucok Durian
Saat berkunjung ke Medan, rasanya belum lengkap jika nggak mampir ke Kedai Ucok Durian yang letaknya di jalan Wahid Hasyim. Buka sejak malam hingga menjelang pagi, kedai yang satu ini selalu ramai dipadati pecinta durian yang ingin makan di tempat maupun dibawa pulang.
Saking larisnya, dalam semalam kedai ini mampu menjual hingga tujuh ribu durian! Durian berkualitas ini pun dipatok harganya terjangkau, sekitar Rp 20.000- Rp 40.000 per buah. Mau dibawa pulang, nggak perlu takut durian akan berbau menyengat karena akan dikemas dengan bubuk kopi untuk menyamarkan baunya.
Nggak perlu takut kecewa dengan durian yang dipilih jika rasanya nggak memuaskan. Di sini, kamu bisa menukarnya dengan durian baru, lho. Asal jangan dihabiskan baru ditukar ya, hihihi…

https://edorusyanto.wordpress.com/

https://edorusyanto.wordpress.com/

Tip memilih durian Medan:
• Perhatikan kulitnya. Durian yang kulitnya merekah membuat angin masuk dan menyebabkan fermentasi, sehingga cita rasanya menurun.
• Durian yang baik memiliki aroma yang begitu khas dan wangi.
• Hindari durian yang berwarna kehijauan karena belum matang. Pilih yang warnanya kuning karena menandakan kematangan.
• Perhatikan bobotnya. Takar dengan kedua tangan, masing-masing tangan menimbang durian yang matang dan mentah—dengan catatan ukurannya sama. Ternyata durian yang sudah matang punya bobot lebih ringan dibandingkan durian mentah.
• Tepuk-tepuk kulit durian dengan pisau. Jika terdengar seperti bunyi kopong, itu tandanya durian telah matang. Tapi kalau terdengar seperti masih padat, itu tandanya durian belum matang.

dur2

Duh, ngomongin soal durian memang sukses bikin ngiler, ya? Nggak perlu berandai-andai, segera puaskan hasratmu dengan berkunjung langsung ke Medan. Tentu saja, pesan hotel dan tiketnya di pegipegi, dong, untuk dapatkan harga termurah!

 Cari Tiket Pesawat Murah  Pesan Hotel Murah

(Visited 710 times, 1 visits today)

Comments

To Top