Event & Festival

Keseruan Perayaan dan Lomba Unik Hari Kartini di Indonesia

Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia selalu memperingati dan merayakan hari kelahiran Raden Adjeng Kartini. Mendiang Kartini yang memperjuangkan hak juga emansipasi wanita, patut dihargai walaupun beliau telah wafat lebih dari satu abad lalu. Sosok pahlawan nasional Kartini memang membawa banyak perubahan dan kebaikan, khususnya bagi perempuan Indonesia agar dapat memperoleh pendidikan setinggi-tingginya, juga kesempatan bekerja.

Untuk memperingati hari Kartini, masyarakat Indonesia dari berbagai daerah kerap mengadakan lomba-lomba unik yang ditujukan untuk menanamkan sifat semangat juang dari generasi ke generasi. Yuk, simak seperti apa keseruan lomba-lomba unik untuk merayakan hari Kartini!

1. Lomba masak di Hotel Aston Pontianak

Jika kamu pengin ikut serta merayakan hari Kartini, kamu bisa mengikuti lomba masak di Aston Pontianak Hotel & Convention Center dengan tema “Me & Mom Cooking Challenge”. Lomba memasak ini akan diselenggarakan pada tanggal 23 April 2016 di Garden Lounge lantai satu Hotel Aston.

Ketentuan lomba memasak ini, yaitu sebuah tim terdiri dari ibu dan anak yang akan ditantang untuk menciptakan kreasi hidangan dengan menggunakan ikan khas Kalimantan Barat sebagai bahan utamanya. Biaya pendaftaran lomba memasak yaitu Rp 250 ribu* per tim (sudah termasuk makan siang dan sovenir).

Kalau kamu berada di luar kota Pontianak dan pengin mengikuti lomba ini, kamu bisa pesan dan menginap di Aston Pontianak Hotel and Convention Center. Akomodasi bintang empat ini cocok banget buat berlibur bareng keluarga pas momen lomba nanti. Aston Pontianak Hotel and Convention Center menawarkan fasilitas mewah dan menarik untuk menunjang kepuasan tamu seperti kolam renang, restoran, spa, sauna, karaoke, lounge, dan bar. Dengan tarif Rp 614.680* per malam melalui pegipegi.com, kamu bisa menginap di hotel yang beralamat di jalan Gajah Mada, No. 21 ini. Yuk, belum terlambat untuk daftar dan mengikuti lomba!

Klik foto untuk lihat detail harga dan hotel.

Klik foto untuk lihat detail harga dan hotel.

Screenshot (1)

lihat Aston Pontianak Hotel and Convention Center

2. Lomba balap getek di Wonogiri

Pada tanggal 20 April 2016 lalu, puluhan ibu-ibu di Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Wonogiri, dengan penuh semangat dan antusias mengikuti lomba balap getek untuk meramaikan Hari Kartini. Lomba ini disambut dengan penuh suka cita dari peserta, penonton, hingga kepala desa setempat. Lomba balap getek sepanjang 100 meter ini cukup menghangatkan suasana dan membangun rasa kekeluargaan di Dusun Timang Kulon. Selain ditujukan untuk hiburan warga, lomba ini menafsirkan rasa cinta tanah air dan untuk mengenang jasa dan sikap mulia Kartini.

getek-2-595x340

3. Lomba balap gerobak sapi

Kalau warga di Wonogiri berlomba balap getek, di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, justru menggelar lomba balap gerobak sapi yang baru pertama kali digelar tahun 2014 lalu. Lomba ini diikuti puluhan pengendara gerobak sapi (bajingan) untuk memperingati Hari Kartini.

Nggak hanya pada saat hari Kartini aja lomba gerobak sapi diadakan, tapi di Yogyakarta juga sering diadakan Festival Gerobak Sapi. Pasalnya, peminat dan antusias masyarakat Yogya dalam lomba ini cukup besar. Selain itu, lomba balap gerobak sapi turut mendapat dukungan dari Sri Sultan HB X yang mengatakan bahwa lomba balap gerobak sapi turut mendukung dan melestarikan budaya Indonesia.

Kota Yogyakarta merupakan destinasi favorit para travelers, karena di kota ini terdapat obyek wisata menarik dan jajanan kuliner yang menggugah selera. Yuk, ajak keluarga, teman atau pasangan kamu berlibur di Yogyakarta! Jangan lupa untuk pesan hotel murah di Yogyakarta melalui pegipegi.com.

jogja.tribunnews.com

jogja.tribunnews.com

cari hotel murah di yogyakarta

4. Lomba merias wajah

Sejak zaman dulu rupanya wanita selalu dituntut untuk selalu tampil rapi, cantik, juga anggun. Nggak heran kalau pada perayaan hari Kartini, lomba dengan tema kecantikan seperti lomba rias dan lomba busana juga turut diadakan. Lebih uniknya lagi, kaum pria nggak segan-segan untuk turut berpartisipasi dalam lomba rias ini, lho, hihihi… Bahkan, mereka tampil dengan totalitas lengkap dengan balutan busana kebaya yang khas pada hari Kartini. Mungkin mereka bersedia menjadi peserta sebagai bentuk rasa cinta dan mengharagi wanita. So sweet, banget, kan!

gaul.solopos.com

gaul.solopos.com

5. Upacara dengan bahasa Jawa

Siswa-siswi di beberapa sekolah di Semarang juga rutin melakukan upacara bendera dengan menggunakan pakaian adat dan bahasa Jawa untuk memperingati hari Kartini. Nggak hanya peserta upacara yang memakai baju adat, tapi juga guru-guru dan inspektur upacara turut memakai pakaian adat khas daerah-daerah di Indonesia. Penasaran nggak, sih, seperti apa upacara dengan baju adat dan bahasa Jawa? Hihihi…

Berbicara soal kota Semarang, banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di kota Lumpia ini. Banyak destinasi wisata yang nggak boleh kamu lewatkan seperti bangunan bersejarah Lawang Sewu. Kamu bisa rencanakan liburan dan pesan hotel murah di Semarang melalui pegipegi.com.

berita.suaramerdeka.com

berita.suaramerdeka.com

cari hotel murah di semarang

6. Lomba tenis dengan kebaya di Surabaya

Jika biasanya berolahraga mengenakan pakaian yang berbahan tipis dan menyerap keringat, khusus pada perayaan hari Kartini di Surabaya justru memakai kebaya, hihihi. Surabaya dikenal dengan julukan kota Pahlawan, nggak heran bakal ada tradisi unik untuk memperingati hari pahlawan seperti R. A. Kartini. Salah satu hal unik yang dilakukan untuk merayakan Hari Kartini di Surabaya, yaitu mengadakan lomba tenis dengan mengenakan busana kebaya. Lomba tenis ini cukup diminati arek Suroboyo seperti puluhan ibu-ibu yang menjadi peserta lomba. Biarpun ribet dan sulit untuk bergerak, peserta lomba nampak semangat dan antusias, lho, selama perlombaan.

Jalan-jalan di kota Surabaya bisa menjadi pilihan kamu untuk liburan nanti. Kamu bisa pesan hotel murah di Surabaya melalui pegipegi.com. Bakal banyak diskon spesial dari pegipegi buat kamu! Selamat traveling!

www.suarasurabaya.net

www.suarasurabaya.net

cari hotel murah di surabaya

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Dari beberapa lomba di atas, mana yang menjadi favorit kamu saat merayakan hari Kartini? Hihihi… Momen Kartini ini pas banget untuk memberi hadiah dengan mengajak pasangan kamu traveling sebagai bentuk rasa cinta dan terima kasih kepada pasangan. Kamu bisa pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah, juga hotel murah melalui pegipegi.com. Dijamin pasangan kamu bakal makin sayang, deh, setelah diajak berlibur!

cari tiket pesawat murah

cari tiket kereta api murah

cari hotel murah

(Visited 10,292 times, 7 visits today)

Comments

To Top