Kuliner

Kerupuk Rambak Kerbau, Camilan Gurih Khas Tulungagung

Penggemar bakso pasti familiar dengan camilan yang satu ini. Yap, kerupuk rambak atau kulit adalah teman serasi menikmati kuliner berkuah yang hangat.

Hadir dengan cita rasa asin gurih, kerupuk rambah dikenal dengan kerenyahan yang menarik. Maklum, di setiap butir kerupuk, terdapat pori-pori lembut, sumber dari rasa gurih kerupuk ini.

Ada dua jenis kerupuk rambak yang dikenal masyarakat Indonesia, rambak kerbau dan sapi. Keduanya pun memiliki perbedaan masing-masing.

Jika rambak sapi hadir dengan warna yang lebih putih, rambak kerbau justru terlihat kekuningan. Namun, rambak kerbau punya tekstur yang lebih renyah dan nggak terlalu kenyal jika dihadirkan dalam sambal goreng kerecek.

Perlu diingat pula. Meski rambak sapi yang paling sering ditemui, rambak kerbau justru yang menawarkan cita rasa lebih gurih.

Kota Tulungagung di Jawa Tengah menjadi sentra kerupuk rambak di Pulau Jawa. Industri rambak yang berkembang sukses menelurkan dua varian yang berbeda, rambak goreng dan makan.

Di luar Pulau Jawa

Kenikmatan kerupuk rambak kerbau nggak cuma menggoyang lidah penikmat kuliner di Jawa saja. Kota-kota di Sumatera seperti Padang dan Palembang juga kebanjiran animonya.

Namun, untuk membuat kerupuk rambak kerbau yang berkualitas, para produsennya di Tulungagung nggak menggunakan kulit dari daerahnya sendiri. Pasalnya, kulit kerbau yang dianggap cocok dengan camilan ini adalah kerbau dari Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

Pengolahannya pun terbilang spesial. Guna menghasilkan rasa gurih yang lebih, kulit kerbau harus melewati sejumlah proses, seperti pemberian bumbu, pemotongan, penjemuran hingga akhirnya digoreng sebelum disajikan.

Nah, yang bikin sedap lagi adalah penggorengannya. Nggak menggunakan kompor gas atau minyak, para produsen selalu menggoreng rambak dengan kayu bakar, sehingga cita rasa terjaga sampai sekarang.

Lantaran dijualnya per kilo, kerupuk rambak kerbau memang sedikit lebih mahal ketimbang sapi, Rp 85 ribuan. Namun, cita rasa yang ditawarkan sudah pasti lebih mengesankan.

Pengin coba makan di kedai yang satu ini? Sekalian liburan di Tulungagung! Yuk, pesan hotel murah di Tulungagung lewat di Pegipegi, ya!

cari hotel murah lain di tulungagung

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top