Kuliner

Kerang Gonggong, Hidangan Gurih dan Bergizi di Kepulauan Riau

Kepulauan Riau punya kuliner kebanggaan yang perlu kamu coba, yaitu Kerang Gonggong yang mudah ditemui di berbagai kedai seafood. Cara memakan kerang ini, yaitu kamu tinggal mengeluarkan gonggong yang ada di dalam cangkang kerang menggunakan tusuk gigi. Untuk mencungkilnya, kamu harus agak berusaha, karena lokasinya tersembunyi. Kadang, ada gonggong yang sudah dicungkil, namun isinya kosong. Hihihi…

Soal rasa, kerang gonggong nggak usah diragukan lagi. Rasanya enak dan gurih. Saat digigit, daging gonggong terasa kenyal. Sebagai pelengkap, daging gonggong bisa dicocol sambal kacang atau sambal kecap yang sudah dicampur dengan irisan cabai rawit dan bawang merah. Wah, dijamin kamu nggak akan cukup jika hanya memakan satu kerang gonggong!

Selain lezat, kerang gonggong juga kaya akan gizi lengkap, karena menggandung karbohidrat, protein, dan lemak. Kadar kolesterolnya juga cukup tinggi, jadi jika kamu punya riwayat kolesterol sebaiknya tidak berlebihan ketika mengonsumsinya.

Seperti halnya ikan yang diolah menjadi kerupuk atau kemplang, kerang gonggong biasanya juga diolah seperti itu untuk dijadikan oleh-oleh. Kerang gonggong mudah ditemui di kota-kota yang ada di Kepulauan Riau, misalnya Batam dan Tanjung Pinang!

Pengin makan kerang gonggong? Ayo main ke Batam! Yuk, pesan tiket pesawat,  dan cari hotel murah di Batam lewat aplikasi dan web Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top