Berita

Kenapa Yogyakarta Disebut Kota Pelajar dan Budaya?

Ketika kita masih duduk di bangku sekolah, guru selalu memberi tahu bahwa Yogyakarta adalah kota pelajar dan budaya. Makanya, Yogyakarta memiliki image yang bagus. Banyak orangtua yang mengirimkan anak-anak mereka untuk kuliah dan hidup mandiri di Yogyakarta. Kenapa Yogyakarta disebut kota pelajar sekaligus budaya, ya? Temukan jawabannya di sini, ya!

Banyak perguruan tinggi

Universitas Gadjah Mada (foto dari: https://kampusaja.com)

Hampir 20% penduduk di Yogyakarta adalah pelajar/mahasiswa. Kurang lebih ada 137 perguruan tinggi di Yogyakarta. Perguruan tinggi milik pemerintah di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada yang lahir pada masa kemerdekaan. Setelah itu, barulah bermunculan perguruan tinggi lain di Yogyakarta, baik dari pemerintah maupun swasta.

Kebanyakan perguruan tinggi di Yogyakarta gedungnya bagus, mutunya terjamin, dan akreditasinya baik. Sehingga, banyak pelajar dari berbagai kota datang ke Yogyakarta untuk menimba ilmu. Selain itu, biaya hidup di Yogyakarta juga terjangkau dan aman bagi kantung mahasiswa.

Masih memegang teguh nilai budaya

Salah satu budaya yang khas di Indonesia adalah budaya Jawa dan berkaitan erat dengan Yogyakarta. Sampai sekarang, Yogyakarta masih memegang teguh nilai budaya Jawa yang kental, meskipun arus globalisasi makin meningkat. Yogyakarta masih memiliki alunan musik gamelan yang indah dan menenangkan hati. Juga ada Wayang Golek, Tari Ramayana Ballet, Macapat, Wayang Kulit, Wayang Orang, dan lain-lain yang bisa kamu temui di berbagai tempat wisata.

Sekarang, kamu sudah tahu kan kenapa Yogyakarta disebut kota pelajar dan budaya! Jika kamu ingin liburan ke Yogyakarta, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: www.uajy.ac.id

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 118 times, 1 visits today)

Comments

To Top