Destinasi

Kenapa Kebun Binatang Ragunan selalu ramai pengunjung?

image: wikipedia
image: wikipedia

image: wikipedia

 

Kalau bicara soal tempat wisata yang paling populer di Jakarta, travelers pasti setuju bahwa Kebun Binatang Ragunan adalah salah satunya. Lihat saja setiap libur nasional atau long weekend tiba, selain Monas dan Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan pasti tidak pernah sepi dari pengunjung.

Sebenarnya apa ya yang membuat kebun binatang ini selalu ramai didatangi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia? Yuk simak penelusuran Pegipegi.

Travelers, tau gak kalau Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama yang ada di Indonesia? Pertama kali berdiri pada 1864, Kebun Binatang Ragunan sebelumnya terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Namun, sejak 1964, kebun binatang ini akhirnya dipindahkan ke kawasan Ragunan seperti yang kamu tahu sekarang. Kebun Binatang Ragunan diresmikan menjadi Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Saat ini, Taman Margasatwa Ragunan menempati area seluas 147 hektar dan ditumbuhi sekitar 50.000 pohon. Tidak heran, suasana kebun binatang ini begitu sejuk. Tentunya suasana ini juga sangat bermanfaat untuk lebih dari 2.000 satwa di dalamnya.

Tarif tiket masuk yang relatif murah, yaitu Rp4.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak di atas 2 tahun, bisa dibilang menjadi salah satu daya tarik utama tempat wisata ini. Jarang banget kan kamu bisa menemukan tempat wisata dengan tiket masuk semurah itu di Jakarta?

Kamu bisa menemukan berbagai spesies binatang di kebun binatang ini, mulai dari unggas, mamalia, reptile dan sebagainya. Walaupun kondisi kandang binatang terlihat sedikit kotor dan jorok, namun pihak pengelola Kebun Binatang Ragunan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk terus memperbaiki kualitas tempat itu, travelers. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas baru berupa Pusat Primata Schmutzer yang disebut-sebut sebagai pusat pelestarian primate terbesar di dunia.

Meski terbilang baru, Pusat Primata Schmutzer kini adalah andalan Kebun Binatang Ragunan. Di sini kamu bisa menemukan berbagai spesies primata khas Indonesia maupun dari mancanegara, seperti orangutan, gorilla, simpanse. Seluruh spesies primata itu dirawat di area seluas 13 hektar yang dibuat menyerupai habitat asli mereka.

Untuk masuk ke pusat primata ini, kamu harus mengeluarkan tambahan biaya sebesar Rp6.000 pada hari biasa atau Rp7.500 di akhir pekan atau hari libur nasional. Oya, Pusat Primata Schmutzer dibuka mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore setiap harinya.

Hal lain yang menjadi daya tarik Kebun Binatang Ragunan adalah mudahnya akses menuju tempat ini. Memanfaatkan jasa TransJakarta atau busway adalah cara termudah menuju Kebun Binatang Ragunan, travelers. Pasalnya, halte TransJakarta Ragunan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari area kebun binatang. Apalagi, tarif TransJakarta juga masih sangat murah (Rp3.500), jadi kamu bisa mengajak banyak sanak saudara kamu ke sini, travelers.

Tapi, kalau kamu lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, kamu tidak perlu takut kekurangan tempat parkir. Lahan parkir di sini sangat luas kok, travelers, karena pada hari-hari biasa memang digunakan sebagai tempat ‘penitipan’ orang-orang yang berangkat beraktivitas menggunakan TransJakarta.

Oya, kalau kamu ingin berkunjung kemari, perlu kamu catat bahwa kebun binatang ini libur setiap hari Senin. Mulai awal tahun ini, hari Senin memang dijadikan hari libur bagi satwa-satwa Kebun Binatang Ragunan. Jadi, para satwa bisa bersantai sejenak setelah hari-hari sebelumnya harus menghadapi ramainya pengunjung.

Selain beristirahat, hari libur ini juga dimanfaatkan petugas kebun binatang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap satwa. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter dari klinik hewan yang ada di sana. Kandang-kandang hewan pun dibersihkan supaya para satwa bisa tetap tinggal di lingkungan yang sehat.

Kebijakan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan hewan dan agar mereka bebas dari rasa takut maupun lapar, serta bisa mengekspresikan tingkah laku dengan bebas.

Nah, dengan kelengkapan fasilitas dan akses serta harga tiket masuk yang relatif murah, gak heran dong kalau Kebun Binatang Ragunan terus menjadi destinasi wisata favorit di Jakarta?

 

Mau langsung mengunjungi Kebun Binatang Ragunan? Langsung aja kunjungi Pegipegi untuk cari hotel nyaman dan terjangkau di Jakarta!

 

 

 

 

 

 

(Visited 1,358 times, 1 visits today)

Comments

To Top