Tips

Kenapa Sebaiknya Kamu Puasa Merokok Ketika Mendaki Gunung?

Merokok memang menjadi hak setiap orang, tapi kalau kamu hobi mendaki gunung, sebaiknya pikirin deh untuk puasa merokok sejenak saat berada di gunung. Ehm, kenapa, ya?

1. Oksigen makin menipis di ketinggian tertentu

Saat ketinggian 2700 mdpl, oksigen di gunung makin menipis, suhu juga makin rendah. Kebayang nggak kalau kamu merokok pada ketinggian tersebut? Sudah pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kamu bisa mengalami gangguan pernapasan, nyeri otot, dan lain-lain.

2. Bakal sulit mengatur napas

Jika kamu merokok sepanjang track pendakian, kamu akan lebih sulit mengatur napas. Karena, zat nikotin yang terkandung pada rokok bisa memengaruhi kerja paru-paru sebagai terminal oksigen yang masuk ke pembuluh darah serta jantung yang berfungsi memompa aliran darah ke seluruh tubuh.

3. Lebih cepat capek

Pendaki gunung yang merokok lebih cepat merasa capek saat mendaki ketimbang pendaki yang nggak merokok. Soalnya, merokok bisa memberikan tekanan lebih terhadap paru-paru, di mana di sisi yang satu paru-paru memompa oksigen agar bisa masuk ke dalam darah. Di sisi lain, paru-paru harus menahan atau menyaring kadar karbondioksida dan zat-zat berbahaya lain yang turut masuk ke dalam paru-paru melalui asap rokok. Sehingga, kegiatan penyaringan atau pemisahan antara oksigen dan zat-zat lain yang dilakukan paru-paru nggak akan sempurna. Dan zat-zat berbahaya pun turut masuk ke aliran darah.

4. Bisa bikin gunung kebakaran

Terutama ketika musim kemarau. Jika puntung rokok yang masih ada bara apinya jatuh mengenai ranting dan semak-semak kering bisa menimbulkan kebakaran hutan, lho. Baru-baru ini terjadi kebakaran di Gunung Rinjani, tepatnya di habitat Edelweis. Belum ada kepastian mengenai penyebab kebakaran Gunung Rinjani, tapi kebakaran tersebut diduga karena puntung rokok api, api unggun, atau tempat memasak yang apinya lupa dimatikan oleh pendaki.

Selain untuk kesehatan sendiri, puasa merokok saat mendaki gunung juga bermanfaat untuk melestarikan lingkungan. Bagi yang ingin merencanakan pendakian gunung selanjutnya, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi agar bujetmu terjangkau.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.istockphoto.com

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top