Tips

Kenapa Sakit Kepala Bisa Muncul Saat Pesawat Mendarat?

Buat yang sering naik pesawat, mungkin kamu pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan, salah satunya sakit kepala saat pesawat landing (mendarat). Ternyata, sebagian besar travelers kerap mengalami sakit kepala ketika mendaratMeskipun merupakan hal yang wajar, tapi kamu juga harus tahu mengapa sakit kepala tersebut bisa muncul dan bagaimana cara mengatasinya. Simak penjelasan pegipegi, yuk!

Penyumbatan pada Tuba Eustachius

tuba-eustachius

foto oleh: http://dokudok.com/

Sakit kepala ketika pesawat mendarat bisa disebabkan karena perbedaan tekanan udara. Bukan hanya ketika pesawat mendarat. Kadang juga bisa muncul ketika pesawat take off. Kondisi tersebut disebut Oklusi Tuba, yaitu sumbatan pada saluran Tuba Eustachius (saluran di dalam telinga yang berada di bagian tengah hingga belakang hidung atau di sekitar pangkal tenggorokan).

Saluran ini akan segera merespons dengan cara membuka dan membiarkan udara masuk ke dalam bagian telinga tengah jika terjadi perbedaan tekanan udara. Tuba Eustachius berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga tengah dengan tekanan udara di luar. Biasanya yang dilakukan jika hal ini terjadi adalah kita akan menelan ludah. Karena, dengan menelan ludah akan menyebabkan Tuba Eustachius terbuka dan udara luar dapat masuk ke telinga bagian tengah.

Atasi dengan parasetamol

Kebanyakan orang hanya merasakan sakit kepala setelah pesawat mendarat selama 30 menit. Setelah itu, kamu bisa menjalani aktivitas normal seperti biasa. Namun, jika sakit kepala berlangsung lebih lama dan mengganggu aktivitas jalan-jalanmu, kamu bisa mengonsumsi parasetamol dengan dosis yang tepat untuk meredakan nyeri.

Keadaan bisa makin parah ketika sedang flu

 

Sakit kepala saat pesawat mendarat juga bisa makin parah ketika kamu mengalami gangguan pernapasan, seperti flu (pilek). Ketika terserang flu, fungsi Tuba Eustachius juga akan terganggu, sehingga menyebabkan tekanan di dalam telinga tengah lebih tinggi. Jika kamu mengalami pilek disertai nyeri pada wajah bagian kiri, bisa jadi merupakan tanda sinusitis.

Sinus adalah ruang berisi udara yang berada di bawah tulang pipi dan dahi. Sinus turut berperan dalam melembapkan udara saat bernapas. Saat terjadi peradangan, dinding sinus menebal dan cairan dapat menumpuk pada rongga ini. Peradangan pada dinding sinus atau penumpukan cairan pada sinus bisa menimbulkan sakit kepala. Untuk mengetahuinya, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sudah tahu kan kenapa kamu bisa sakit kepala saat pesawat mendarat? Kamu pun sekarang sudah tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Maka dari itu, jangan takut naik pesawat, ya! Ayo pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 1,997 times, 3 visits today)

Comments

To Top