Berita

Kenapa Pesawat Harus Terbang di Ketinggian 30 Ribu Kaki?

Traveling dengan pesawat terbang sangat menyenangkan. Selain lebih cepat, kamu dapat menikmati pemandangan dari ketinggian 30-35 ribu kaki yang megah dan indah.

Tapi, kenapa sih pesawat harus terbang di ketinggian ideal 30-35 ribu kaki? Well, untuk menjawab, yuk, buka lagi buku fisika atau sains yang kamu pelajari saat berada di bangku sekolah.

Nah, sebelum memasuki zaman yang lebih modern, pesawat terbang di era 50-an hanya sanggup melaju di ketinggian 10 ribu kaki saja. Maklum, pada zaman tersebut, belum ada teknologi untuk mengatur tekanan udara di dalam kabin.

Alhasil, para penumpang harus merasakan guncangan hebat seperti turbulensi. Pada ketinggian 10 ribu kaki, cuaca buruk sering terjadi, menghujani pesawat dengan air hujan, butiran es, hingga serpihan salju yang bergerumul di awan.

Berbagai macam kecelakaan hingga komplain para penumpang atas ketidaknyamanan pun bermunculan. Para produsen pesawat berhasrat untuk dapat mengembangkan berbagai macam teknologi agar pesawat dapat terbang di ketinggian yang lebih aman, 30 ribu kaki.

Sampai akhirnya, The Boeing, perusahaan pesawat terbesar di dunia, keluar dengan teknologi environmental control system (ECS) di awal 70-an. Fungsi teknologi ini agar tekanan udara di dalam kabin dapat di atur, memungkinkan pesawat terbang lebih tinggi lagi.

Lebih Tinggi Lebih Cepat

Manfaat lain dengan terbang di ketinggian 30 ribu kaki nggak cuma untuk kenyamanan penumpang saja, lho.

Sebuah pesawat komersial dapat melaju dengan kecepatan mencapai 400-500 kilometer per jam di udara. Namun, kecepatan tersebut bakal lebih efisien jika sang pesawat terbang di ketinggian 30 ribu kaki.

Kenapa? Pada ketinggian 30 ribu kaki, tekanan udara jauh lebih rendah ketimbang pada ketinggian 10-20 ribu kaki. Hal ini memudahkan pesawat untuk mengembangkan kecepatan dengan lebih efisien.

Dengan rendahnya tekanan udara, gaya tarik pun bakal lebih kecil. Sehingga, sekencang apapun pesawat melaju, bahan bakar yang dihasilkan pun jauh lebih kecil ketimbang terbang di ketinggian yang lebih rendah.

Selain itu, pada ketinggian 30 ribu kaki, mesin pesawat nggak akan mudah mengalami overheat meski dipacu habis-habisan. Udara dingin pada ketinggian tersebut merupakan teman yang akrab bagi mesin jet pesawat terbang.

Sudah nggak sabar buat liburan dengan pesawat terbang? Nah, biar hemat, kamu bisa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Boeing

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top