Tips

Kenapa Nggak Boleh Masuk ke Pura Saat Sedang Datang Bulan?

Tempat wisata di Bali yang khas adalah pura, contohnya Pura Tanah Lot dan Pura Uluwatu. Karena, sebagian besar warga di sana memeluk agama Hindu. Tentu aja hal itu membuat kita ingin mengunjungi pura saat liburan di Bali. Tapi, yang bikin sebal adalah ketika kita liburan ke Bali bertepatan dengan jadwal menstruasi. Soalnya, perempuan yang sedang datang bulan (menstruasi) tidak diperbolehkan masuk ke pura. Sebelum kesal, lebih baik baca dulu alasannya, ya!

Karena pura adalah tempat suci

Sebenarnya bukan hanya agama Hindu yang melarang perempuan menstruasi masuk ke pura, tapi ada juga ajaran agama lain yang mengajarkan hal yang sama. Karena, pura adalah tempat suci untuk memuja Hyang Widhi (sebutan untuk Tuhan Yang Maha Esa di agama Hindu). Dan darah menstruasi dianggap kotor, sehingga bisa menyebabkan pura menjadi tidak suci.

Bukan hanya perempuan menstruasi yang tidak boleh masuk ke pura, melainkan juga perempuan atau laki-laki yang sedang mengalami cuntaka (masa “kotor” karena ada anggota keluarga yang baru meninggal). Orang yang mengalami masa cuntaka, diperbolehkan kembali masuk ke pura setelah melewati 12 hari sejak upacara Ngaben). Begitu pula dengan orangtua yang memiliki bayi yang usianya di bawah 6 bulan. Kedua hal tersebut berlaku untuk warga Bali.

Apa akibatnya jika tetap ingin masuk ke pura?

Ada banyak cerita soal perempuan menstruasi yang tetap ingin masuk ke pura. Percaya nggak percaya, banyak perempuan yang akhirnya mengalami kerasukan, sakit, pingsan, dan hal lain yang kadang tidak masuk akal. Soalnya, Dewa dan Bhatara di pura marah akibat “rumah”nya dikotori.

Dampak negatifnya nggak hanya dirasakan oleh perempuan menstruasi, tapi juga oleh warga yang memiliki dan melayani pura. Warga di sekitarnya juga bisa terkena musibah, seperti bencana alam dan penyakit. Untuk mengatasinya, warga harus melakukan ritual guru piduka atau permintaan maaf. Ritual tersebut juga mengorbankan materi yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebagai wisatawan yang baik, kamu sebaiknya menghormati setiap aturan dan kepercayaan di Bali, ya!

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hiburan lain di sekitar pura. Kamu bisa lho nonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu. Soalnya, tarian tersebut dilakukan di luar area sembahyang.

Untuk kamu yang merencanakan liburan ke Bali, yuk, pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali  cari hotel murah di bali

Foto utama: satuharapan.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,456 times, 6 visits today)

Comments

To Top