Berita

Kenapa Musik Itu Candu? Ini Dia Penjelasan Ilmiahnya!

Musik itu candu. Meskipun, kini, genre musik sangat bervariasi, rasa candu terhadap tiap lantunan nadanya nggak bisa hilang. Nggak heran, banyak dari kita yang merasa kurang jika seharian saja nggak mendengarkan musik, ya.

Nah, tapi pernah berpikir nggak sih kenapa musik bisa menjadi sebuah candu yang cukup mengikat? Tenang, semua bisa dijelaskan secara ilmiah.

Sebuah penelitian yang dilakukan Zlab, menyebutkan bahwa setiap lantunan nada yang didengar memancing reaksi dopamine dalam otak kita. Dopamine sendiri adalah sebuah zat kimia yang terikat erat dengan motivasi dan rasa candu, yang juga akan mempengaruhi kondisi perasaan kita.

Saat nada masuk ke dalam telinga, otak manusia akan melepas zat kimia bernama dopamine yang siap merangsang. Nah, di saat yang bersamaan, dopamine juga merangsang daya berekspektasi kita terhadap sebuah musik.

Mulai dari intro, verse hingga chorus, kita selalu dipaksa untuk menilai terhadap nada apa yang akan dihasilkan selanjutnya. Proses tersebut yang kemudian menciptakan sensasi candu.

Kemampuan Menilai

Reaksi dopamine nggak cuma mempengaruhi emosi seseorang, tetapi juga mengendalikan kemampuan motorik dan juga kemampuan berpikir seseorang. Jadi, buat orang yang merasa nyaman dengan nada atau lagu yang diputar, dia akan mencoba mendendangkan lirik atau nada yang berulang dalam lagu tersebut.

Semakin mudah kita mencerna sebuah nada yang dihasilkan musik, semakin besar pula volume dopamine yang terangsang ke otak yang akan menuntun kita menciptakan “reward value” kepada musik yang kita dengarkan, khususnya untuk musik baru.

So, nggak heran, musisi yang jenius akan pintar dalam memainkan chord progression hingga pattern repetitive (pengulangan) karya-karya mereka, memudahkan otak kita berekspektasi nada demi nada untuk memancing lebih besar lain reaksi dopamine dalam otak kita

Alhasil, kita dapat dengan mudah menilai mana musik yang bagus atau mana musik yang kurang pas di telinga. Itulah mengapa, musik menjadi candu tersendiri bagi otak manusia.

Sambil mendengarkan musik, sekalian rencanain liburan kamu, yuk! Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi! Selamat merencanakan liburan, ya!

Foto: https://stadium.my

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 86 times, 1 visits today)

Comments

To Top