Berita

Kenapa Manusia Masa Kini Terus Mengalami Penurunan Kecerdasan?

Semakin pesat perkembangan zaman, tingkat kecerdasaan manusia justru menurun. Benar nggak sih?

Tingkat kecerdasaan manusia atau IQ memang dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari lingkungan, gaya hidup, hingga nutrisi yang diterima mampu menentukan kecerdasaan seseorang.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh Bernt Bratsberga dan Ole Rogeberga yang dirilis oleh Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahwa kecerdasan manusia mengalami penurunan drastis. Dengan memanfaatkan data dari 750 ribu pria asal Norwegia, peningkatan kecerdasan manusia sudah berhenti di tahun 1975.

Sebagai gambaran, pada abad 20, seorang peneliti asal Selandia Baru, James Flynn menyajikan data bahwa tingkat kecerdasan manusia meningkat drastis tiga poin per satu dekade. Hasil penelitian tersebut dikenal dengan nama Flynn Effect.

Angka yang disajikan oleh Flynn terus menanjak hingga pada tahun 1975 di mana tingkat kecerdasan manusia mulai menurun. Parahnya lagi, angka penurunannya pun mencapai tujuh poin per satu generasi.

Dilansir oleh How Stuff Works, penurunan tersebut nggak disebabkan oleh tingkat angka kelahiran manusia, tetapi justru lebih ke faktor lingkungan. Hasil tersebut nggak cuma didapatkan di Norwegia, tetapi juga beberapa negara lain seperti Inggris, Perancis dan Belanda.

Malas Membaca

Dalam penelitian tersebut, Bernt Bratsberga dan Ole Rogeberga juga menyimpulkan banyak faktor penyebab penurunan kecerdasan manusia masa kini. Mulai dari sistem edukasi  yang nggak berkembang hingga asupan nustrisi yang diterima tubuh.

Namun, keduanya lebih khawatir dengan lingkungan media dan gaya hidup masing-masing individu. Kecanggihan teknologi membuat manusia malas membaca, mengutamakan aktivitas online sebagai akses informasi utama, dalam bentuk gambar maupun video.

Bahkan, penelitian tambahan yang dilakukan oleh Universitas Texas menyebut bahwa manusia masa kini mampu memproses data dan mengingatnya lebih baik ketika smartphone absen dari genggaman.

Absen dalam genggaman bukan berarti hanya dimatikan saja. Tetapi benar-benar dijauhkan dari tempat di mana kamu berada, lho!

Sudah tahu faktanya? Yuk, rencanakan liburan kamu bersama keluarga dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top