User Review

Kenapa Kopi Luwak Istimewa Dan Berharga Super Mahal Ya?

kopi

Travelers, kamu suka minum kopi? Suka banget aroma kopi? Atau hobi banget mencicipi kopi tiap pagi? Lalu, bagaimana dengan kopi luwak? Apa kamu pernah menyeruput kopi ini? Mendengar namanya saja kamu mungkin langsung berpikir kalau kopi ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang berkantong tebal karena secangkir bisa berharga Rp200.000-an.

Luwak

Tidak heran kalau banyak orang yang segan membeli karena tidak kuat membayar satu cangkir kopi luwak yang harganya selangit. Pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa kopi luwak bisa jadi begitu mahal? Dan apa yang membuatnya istimewa? Travelers, biar kamu tahu kenapa kopi luwak ini mahal, simak yuk jabaran dari Pegipegi di bawah ini.

Pertama, proses pembuatan biji kopi ini dilakukan secara manual dengan bantuan hewan luwak, dan bukan dengan mesin. Hewan ini dikenal hanya mau makan biji kopi terbaik dan mengabaikan biji kopi dengan kualitas di bawah itu, apalagi yang buruk. Konon, bila satu nampan diberikan pada hewan luwak di kandang, hanya 10% – 30% saja yang dimakan. So, kamu bisa bayangkan betapa sulitnya mendapatkan biji kopi untuk dijadikan kopi luwak.

Meskipun sedang panen raya, biji kopi yang dihasilkan tidak banyak. Misalnya dari jumlah kopi berton-ton, biji kopi yang dihasilkan hanya 100 – 1000 kg saja. Sedangkan sisanya akan dibuat menjadi kopi biasa. Bisa dibayangkan kan travelers kalau mendapatkan biji kopi luwak sangatlah sulit.

Foto 2 Kenapa Kopi Luwak Mahal

Nah karena hewan luwak bukan mesin, kita tidak bisa memaksa mereka untuk mengolah biji kopi. Apalagi bagi luwak, kopi hanyalah camilan atau pencuci mulut. Jadi jangan harap mereka lahap menyantapnya. Toh bila mau, mereka hanya menginginkan yang terbaik. Cara mendapatkannya juga unik. Mereka tidak dapat mencerna biji dengan tingkat kepadatan tertentu sehingga saat keluar bersama kotoran, bentuk biji kopinya masih utuh.

Alasan selanjutnya yang membuat kopi luwak istimewa tentu saja karena punya kadar asam dan kafein rendah. Persentase kadar kafeinnya sekitar 0,5%, sementara kopi biasa sekitar 2%. Kenyataan ini membuat kopi luwak aman diminum oleh penderita diabetes, maag, dan jantung. Aromanya pun sangat fenomenal karena diproses dengan enzim proteolitik.

Selain itu, kopi luwak juga dikategorikan dalam jenis kopi berkualitas. Maksudnya adalah, biji kopinya dihasilkan dengan cara fermentasi dalam perut luwak yang bercampur dengan enzim tertentu dan berlangsung selama 8 – 12 jam sehingga kandungan kafeinnya rendah karena proteinnya telah diurai. Sedangkan biji kopi berkualitas yang dihasilkan dari biji kopi biasa memerlukan waktu fermentasi sekitar 5 – 8 tahun. Waktu yang begitu cepat dari proses fermentasi inilah yang membuat kopi luwak istimewa dan mahal.

Foto 3 Kenapa Kopi Luwak Mahal

Kopi luwak menjadi mahal juga berkaitan dengan hukum ekonomi. Produk yang sedikit, kualitas yang tidak diragukan, dan juga dibuat dari biji kopi terbaik membuatnya menjadi incaran para pencinta kopi. Bagi mereka, terkadang harga tidak menjadi masalah kalau kopi yang diseruput memuaskan.

Selain itu, banyak juga orang yang penasaran. Mau-maunya mengonsumsi kopi yang dicerna oleh luwak lalu dikeluarkan bersama dengan kotoran. Eit, tunggu dulu. Yang terjadi sebenarnya adalah bahwa biji kopi ini masih dilapisi kulit terluar kopi yang tidak hancur. Dengan demikian, biji kopi tidak tercampur dengan kotoran. Dan yang pasti, sebelum diolah, biji kopi dicuci secara berulang-ulang, dikeringkan, disangrai, baru kemudian bisa dinikmati dalam secangkir kopi.

kopi

Menurut penelitian, kopi luwak yang telah disangrai mengandung bakteri yang lebih kecil dibandingkan dengan kopi biasa. So, kalau kamu sayang jantungmu dan hobi minum kopi, kopi luwak ini bisa dijadikan pilihan. Kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat mencegah berbagai penyakit syaraf, seperti Parkinson, dan Alzheimer. Sementara enzim protelitik dari luwak sangat bermanfaat sebagai anti-radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengandung asam amino yang baik untuk kesehatan.

Gimana travelers, sekarang kamu sudah tahu kan kalau kopi luwak ini istimewa? Biarpun mahal, nggak ada salahnya kan mencobanya. Yuk, kita ngopi luwak!

 

Mau menikmati kopi luwak dengan suasana istimewa, travelers? Coba deh ngopi luwak di Bali sambil ditemani pemandangan indah khas Pulau Dewata!

 

 

 

(Visited 2,005 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top