Kuliner

Kenapa Kentang Goreng Restoran Bisa Renyah Banget?

Ngaku penggemar berat kentang goreng? Pertanyaan ‘Kenapa sih kentang goreng restoran cepat saji bisa lebih renyah daripada kentang goreng rumahan’ pasti sering muncul.

Misteri ini nggak cuma bikin penasaran. Tapi juga memacu kita buat melakukan eksperimen di dapur untuk memastikan kentang goreng terasa lebih renyah meski selalu gagal.

Alhasil, banyak dari kita lebih memilih order kentang goreng di resto cepat saji seperti McDonalds maupun KFC. Selain lebih mahal, porsinya sudah pasti terbatas.

Tapi masih pada mau tahu rahasianya nggak ? Well, ternyata nggak mudah untuk mendapatkan kentang goreng dengan tekstur renyah seperti yang ada di restoran, lho!

Pengaruh Minyak

Mau sebaru apapun minyak goreng yang kamu gunakan, bukan jaminan, deh, buat mendapatkan kentang goreng renyah. Seperti yang dilansir oleh The Spruce, saat akan memasak, kita pasti memanaskan minyak dulu di atas wajan.

Nah, saat proses pemanasan tersebut, molekul yang terkandung dalam minyak goreng pecah. Semakin lama kamu memanaskan, semakin hilang juga molekul karena menguap melalui asap. Kentang pun akan menjadi sangat lembab ketika disajikan.

Makin serba salah lantaran minyak goreng bekas pun nggak bisa digunakan untuk menghasilkan kentang goreng yang renyah. Nah, bagaimana sih baiknya?

Foto: splendidtable

Satu-satunya cara adalah menggunakan minyak goreng sekali pakai secara terus menerus. Karena, minyak akan tetap menurun kualitasnya meski sudah kamu simpan di tempat yang dingin.

Cara lain untuk mengakalinya adalah merendam kentang di dalam air. Setelah itu, bekukan ke dalam freezer agar kentang dapat melepaskan kelembaban di permukaan kulitnya.

Teknik Goreng Berbeda

Kebanyakan dari kita hanya menggoreng kentang sekali. Semuanya dilakukan tentu saja untuk menjaga energi dari kompor maupun kualitas minyak gorengnya.

Nah, ternyata langkah tersebut salah. Hampir semua restoran cepat saji menggoreng kentang dua kali dalam satu kali proses produksi.

Foto: Uproxxx

Pada proses pertama, mereka menggunakan temperatur yang lebih rendah untuk menggoreng keseluruhan kentang. Nah, pada proses kedua, mereka menggunakan temperatur yang lebih tinggi dengan tujuan mendapatkan kematangan pada bagian luarnya.

Dengan cara ini, kentang akan tersaji sangat renyah di luar. Sensasi ini yang selama ini kamu rasakan tiap kali membeli kentang goreng di restoran cepat saji.

Tertarik untuk mempraktekannya di rumah?

Foto utama: theodysseyonline

Daripada pusing memikirkan kentang goreng? mending liburan! Agar bujet traveling kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 613 times, 1 visits today)

Comments

To Top