Berita

Kenapa Kamu Harus Sahur Sebelum Puasa?

Bulan Puasa identik sekali dengan aktivitas yang dinamakan sahur. Santap pagi pengganti sarapan ini pasti dilakukan seluruh umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa setiap hari.

Tapi, terkadang kita sering menganggap remeh sahur. Entah karena malas untuk bangun pagi atau memang nggak biasa makan besar di pagi buta.

Memang, sahur memang hukumnya sunnah, di mana jika dijalankan bakal dapat pahala. Fungsi utamanya pun sebagai kesempatan terakhir kamu makan dan minum sebelum tiba waktu Imsyak.

Namun di balik sahur, banyak manfaat sehat yang bisa kita ambil, khususnya buat tubuh kita sendiri, lho. Nggak heran Nabi Muhammad SAW sangat mengajurkan umat muslim buat santap pagi ini. “Sahur itu barakah, maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya.”

Bagus Buat Otot

Saat kita tidur di malam hari, tubuh membentuk hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone).

Namun, semakin malam, hormon-hormon tersebut secara perlahan akan melemah sebelum kita memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Jika tubuh kita terlalu banyak mengandung hormon kortisol, massa otot akan menghilang.

Kamu bisa merasakan pengaruh dari hormon kortisol jika bangun terlalu siang. Rasa lemas dan kantuk berlebih pasti menyebar ke seluruh tubuh tanpa henti.

Nah, santap sahur berfungsi untuk menghentikan produksi hormon kortisol dan menjaga fungsi hormon baik untuk bekerja optimal. Berkat santap sahur pula, produksi glukosa yang sempat terhenti bakal kembali bekerja dan siap memberikan energi baru.

Dengan begitu, ketika kamu santap sahur, tubuh akan terasa lebih segar dalam melakukan aktivitas tiap harinya.

Penting Buat Penderita Diabetes

Nggak cuma buat otot, sahur ternyata memiliki peran penting buat para penderita diabetes, lho. Pertanyaan besar sering muncul, apakah orang dengan penyakit diabetes aman untuk santap sahur?

Faktanya, justru puasa sangat dianjurkan buat mereka. Kenapa? Karena sahur akan mencegah mereka terkena serangan hipoglikemia, situasi di mana kamu kekurangan gula dalam darah.

Jika terjadi hipoglikemia, tubuh akan mengalami lemas yang berlebihan hingga nggak sadarkan diri. Jadi buat kamu yang menderita diabetes, sahur terasa sangat wajin untuk dijalani, selain bakal dapat pahala ya.

Foto utama: rd

Sambil menunggu waktu sahur, yuk rencanakan liburan kamu. Biar mudah, bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 171 times, 1 visits today)

Comments

To Top