Tips

Kenapa Harus Mematikan Ponsel Saat Berada di Pesawat?

Ketika kita sudah berada di pesawat dan sebentar lagi akan take off, pramugari atau orang lain di dalam pesawat bakal mengingatkan kita agar mematikan ponsel dan seperangkat alat elektronik lain. Bisa jadi kita malah kesal karena kita nggak bisa eksis di media sosial atau chatting dengan teman. Sebelum marah=marah, alangkah baiknya jika kamu mengerti kenapa harus mematikan ponsel saat sedang di dalam pesawat.

ponsel

foto dari: TribunSolo.com

Ketika mengemudikan pesawat, pilot harus berkomunikasi dengan ATC (air traffic controller). Mereka harus memastikan beberapa hal, salah satunya kapan harus lepas landas. Jika kamu masih asyik main ponsel di pesawat, pancaran gelombang radio yang dihasilkan ponsel akan mengganggu komunikasi mereka. Bisa jadi malah bakal bikin miss komunikasi dan menyebabkan hal yang tidak diinginkan, misalnya pesawat lain akan menabrak pesawat yang kita tumpangi, jika pesawat yang kita tumpangi memasuki runway pada saat yang nggak tepat. Runway adalah jalur pacu, tempat pesawat berakselarasi untuk terbang dan mendarat.

Selain itu, pada saat kita sudah terbang, pesawat menggunakan perangkat elektronik untuk menentukan arah terbang (alat navigasi) yang sangat sensitif dengan gelombang elektronik. Sehingga, jika perangkat navigasi itu mengalami gangguan, bukan nggak mungkin pesawat akan keluar dari jalur terbangnya (nyasar). Beberapa perangkat elektronik lain dalam pesawat juga tergolong sangat sensitif, sehingga, kamu harus mematikan ponsel saat menaiki pesawat. Sudah cukup banyak kecelakaan pesawat yang terjadi karena penumpang lalai mematikan ponsel.

Kesalahan yang terlihat begitu kecil bukan hanya membahayakan nyawa sendiri, tapi juga seluruh nyawa di dalam pesawat. Jadi, mulai sekarang, selalu ingat untuk mematikan ponsel ketika berada di dalam pesawat, ya! Jika ada orang di sebelahmu yang asyik main ponsel ketika pesawat akan take off, ingatkan secara baik-baik aja, travelers. Bisa jadi orang tersebut baru pertama kali naik pesawat dan nggak mengerti tentang bahaya yang ditimbulkan. Kamu bisa jelaskan teori di atas kepada penumpang tersebut.

Lagipula, jika pesawat sudah berada di ketinggian tertentu, sinyal langsung menghilang dan kamu sama sekali nggak bisa menggunakan ponselmu untuk telepon, chatting, atau main media sosial. Percuma juga kan menyalakan ponsel ketika berada di dalam pesawat. Jika kamu ingin foto-foto dengan ponsel atau mendengarkan lagu dari ponsel, boleh-boleh aja, lho, travelers! Asal kamu mengaktikan fitur flight mode di ponselmu.

Dan, ketika pesawat selesai mendarat pun, kamu belum boleh menyalakan ponsel karena masih bisa mengganggu operasi pesawat. Waktu ideal untuk menyalakan ponsel adalah ketika kamu benar-benar sudah keluar dari pesawat. Kamu bisa menyalakan ponsel saat menunggu bagasi.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sudah mengerti kan tentang pentingnya mematikan ponsel ketika berada di dalam pesawat? Selanjutnya, jangan lupa untuk pesan tiket pesawat murah lewat pegipegi, ya! Sekalian cari hotel murahnya, ya!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 326 times, 1 visits today)

Comments

To Top