Tips

Kenapa Harus Lepas Jam Tangan dan Ikat Pinggang di Bandara?

Traveling adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalau kita menggunakan jasa pesawat. Selain nyaman, bepergian dengan pesawat juga bisa menghemat waktu. Tapi, ada kalanya kita langsung bete saat menjalani pemeriksaan di bandara. Masih ingat kan dengan kasus penamparan petugas bandara yang dilakukan seorang penumpang gara-gara keberatan melepaskan aksesori? Nah, sebelum bete, kamu harus tahu kenapa harus lepas jam tangan dan ikat pinggang ketika pemeriksaan di bandara.

Sudah ada peraturannya

Berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Tahun 2010, tata cara keamanan enumpang, personel pesawat udara, dan barang bawaan yang diangkut harus melalui dua security check point. Penumpang harus melakukan pemeriksaan sebelum melakukan check in dan pemeriksaan sebelum melakukan boarding. 

Pada peraturan itu, dijelaskan bahwa ketika masuk area check-in, penumpang hanya diminta mencopot jaket dan topi. Sedangkan pemeriksaan sebelum boarding menjadi lebih ketat, di mana semua benda logam harus dilepas dan diletakkan pada wadah agar bisa diperiksa melalui mesin X-ray.

Jika semua aksesori berlogam kamu sudah dilepas dan metal detector pada tubuh masih berbunyi, bisa jadi sepatu kamu akan diminta untuk dicopot. Kalau masih berbunyi juga, akan dilakukan body check up di ruangan tertutup. Peraturan ini berlaku untuk siapa pun.

Demi keselamatan bersama

Peraturan tersebut memang merepotkan, soalnya kamu harus melepaskan barang berharga dan merasa dicurigai. Apalagi jika kamu sedang dalam keadaan terburu-buru. Namun, tujuan diadakan pemeriksaan tersebut adalah demi keselamatan bersama. Logam memang harus dilepas agar memperlancar proses pemeriksaan.

Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah adanya penumpang atau oknum yang membawa senjata, alat berbahaya, dan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk melawan hukum. Dulu, pernah ditemukan pisau di dalam ikat pinggang. Makanya, ikat pinggang harus dilepas dulu supaya bisa diperiksa.

Agar tidak repot hindari barang berikut

Jika kamu nggak pengin merasa direpotkan saat pemeriksaan di bandara, sebaiknya hindari memakai barang berikut ini:

  • Sepatu yang sulit dilepas
  • Ikat pinggang
  • Perhiasaan berbahan logam
  • Jaket
  • Pakaian terlalu longgar, karena bisa dicurigai menyimpan sesuatu

Nah, sudah ngerti kan kenapa harus melepas barang-barang tersebut saat pemeriksaan di bandara? Yuk, rencanakan traveling kamu dengan pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Foto utama: https://travel.detik.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 600 times, 1 visits today)

Comments

To Top