Berita

Kenapa Hari Kartini Identik dengan Kebaya?

Kebaya adalah pakaian tradisional perempuan Indonesia yang terbuat dari bahan tipis dan dikenakan dengan sarung, batik, atau songket. Asal kata kebaya berasal dari Bahasa Arab, yaitu “abaya” yang berarti pakaian. Ada sumber yang mengatakan bahwa kebaya berasal dari China dan menyebar ke Indonesia. Namun, banyak juga yang berpendapat bahwa kebaya memang asli dari Indonesia.

Dulu, saat fashion belum berkembang seperti sekarang, kebaya adalah simbol keteraturan budaya. Ada begitu banyak aturan berpakaian yang harus dipatuhi masyarakat. Kebaya adalah pakaian perempuan, bukan pria, jadi memang hanya diperuntukkan untuk perempuan. Begitu pula dengan pakaian pria yang tidak boleh dipakai perempuan. Beda banget dengan zaman sekarang, di mana perempuan bisa memakai pakaian pria.

Setiap tanggal 21 April saat kita merayakan Hari Kartini, nampaknya selalu identik dengan kebaya atau pakaian tradisional Indonesia. Kenapa, ya, Hari Kartini identik dengan kebaya? Tentu aja karena Raden Ajeng Kartini sendiri menggunakan kebaya. Terlihat dari foto, gambar, atau lukisannya yang selalu memakai kebaya. Meskipun, ketika itu fashion perempuan belum bisa mensejajarkan hak dan martabat perempuan dan pria.

Tentu aja penggunaan kebaya di Hari Kartini tidak bermaksud untuk merendahkan perempuan. Kebaya hanyalah sebuah simbol dan Hari Kartini bukan hanya dirayakan dengan melakukan pawai sambil memakai kebaya atau pakaian tradisional. Tapi, masih banyak hal positif lain yang bisa dilakukan oleh perempuan Indonesia. Lagipula, kebaya di Indonesia juga sudah modern. Modelnya sudah tidak jadul lagi dan bikin perempuan Indonesia makin cantik.

Kalau travelers sendiri, ada nggak tradisi pakai kebaya di Hari Kartini? Kalau ada, cerita ke Pegipegi dong kayak gimana serunya! Setelah sibuk merayakan Hari Kartini, jangan lupa rencanakan liburanmu selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel lewat Pegipegi agar bujet liburanmu lebih terjangkau!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: pinterest.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 368 times, 1 visits today)

Comments

To Top