Berita

Kenapa Dilarang Bawa Cairan Lebih Dari 100 Miligram ke Kabin Pesawat?

Kamu suka traveling dengan pesawat terbang? Pasti familiar dengan beragam peraturan yang berlaku di atas pesawat. Salah satu yang paling diperhatikan adalah aturan membawa benda cair ke dalam pesawat.

Baik ke dalam kabin maupun bagasi, semua maskapai penerbangan memberlakukan pembatasan benda cair yang mengacu ke peraturan dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Hal ini dilakukan untuk mewaspadai aksi terorisme yang kerap menggunakan benda cair.

Kalau penumpang memang harus membawa benda cair, aerosol atau gel ke dalam kabin, volumennya pun nggak boleh lebih dari 100 miligram. Jika cairan tersebut dibungkus dalam satu wadah, para penumpang wajib memasukkannya ke dalam kantong plastik yang dapat dibuka-tutup kembali.

Total volume kantong plastik nggak boleh melebihi satu liter dan setiap penumpang hanya diperbolehkan untuk membawa satu kantong plastik saja Kantong tersebut harus dikeluarkan dari bagasi kabin dan diberikan kepada petugas keamanan untuk skrining x-ray. Sebelum dinyatakan aman untuk dibawa.

Cairan yang dibatasi masuk ke dalam kabin maupun bagas antara lain:

– Minuman, termasuk air mineral dan jus
– Saus
– Parfum dan deodoran
– Krim, balsem, body lotion, minyak angin
– Kosmetik, seperti maskara dan lipgloss
– Pasta, seperti pasta gigi bahkan selai roti juga termasuk
– Spray dan foam yang bertekanan, seperti hairspray, shaving foam, dan deodoran yang disemprotkan
– Gel, termasuk jel rambut dan shower gels
– Cairan lensa kontak
– Benda cair lainnya

Biar nggak repot, kamu bisa membeli benda-benda cair seperti minuman atau parfum di toko bebas beda yang terdapat di bandara. Untuk kriteria tersebut, kamu tetap bisa membawa masuk ke dalam kabin namun harus dikemas secara transparan dan disegel dalam kantong plastik.

Nah, peraturan tersebut juga memberlakukan pengecualian untuk kebutuhan medis. Misalnya, penumpang yang membawa obat-obatan untuk keperluan kesehatan seperti penderita diabetes yang membutuhkan insulin suntik.

Namun, benda cair seperti itu harus disertai dengan dokumen tertulis dari pihak medis. Hal ini untuk memastikan bahwa peralatan tersebut dikemas dan dilabeli secara profesional. Informasi dari penumpang harus ditujukan langsung kepada awak pesawat.

Pengin liburan dalam waktu dekat? Yuk, pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top