Tips

Kenapa Banyak yang Menikah Setelah Lebaran?

Buat travelers Muslim yang sedang merencanakan pernikahan, bisa jadi kamu bakal melangsungkan pernikahan setelah Lebaran. Apalagi tradisi menikah setelah Lebaran memang sudah biasa dilakukan karene beberapa alasan. Namun, buat yang belum tahu soal tradisi ini, kamu bisa mengetahuinya lewat penjelasan pegipegi kali ini.

Awalnya banyak yang mengira bakal sial menikah di bulan Syawal

Rasulullah juga men-sunnahkan umat Muslim untuk menikah di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan). Beliau juga menikahi Aisyah ra dan beberapa istri lainnya di bulan Syawal. Rasulullah menikahi Aisyah di bulan Syawal untuk menepis anggapan bangsa Arab yang menganggap bahwa bulan Syawal adalah bulan yang sial untuk menikah.

Mereka meramalkan perceraian akan datang bagi mereka yang menikah di bulan Syawal. Soalnya, ketika itu unta betina mengibaskan ekor mereka karena nggak ingin didekati unta jantan ketika bulan Syawal. Warga Arab pun berpendapat bahwa hal buruk tersebut bisa terjadi dengan manusia.

Namun, Rasulullah mengajarkan untuk nggak percaya pada takhayul seperti itu. Beliau pun men-sunnahkan untuk menikah di bulan Syawal. Rasulullah membuktikan bahwa ketakutan dan ramalan orang Arab tersebut nggak benar, karena hanya Allah yang menentukan untung atau rugi seseorang dan bukanlah perhitungan tanggal.

menikah setelah lebaran

baa-caro.blogspot.com

Menikah di bulan Ramadhan haram?

Menurut Rasulullah, menikah di bulan Ramadhan itu hukumnya makruh (nggak diharamkan, tapi sebaiknya nggak dilakukan). Soalnya, penyebab batalnya puasa selain makan dan minum adalah hubungan seksual suami-istri, apalagi jika masih pengantin baru. Hal ini juga merupakan pengalaman dari teman Rasulullah sendiri yang menikah seminggu sebelum bulan Ramadhan.

Karena gelora yang sangat kuat, akhirnya puasa suami-istri tersebut batal. Akhirnya mereka harus membayar hutang puasa di luar bulan Ramadhan selama dua bulan berturut-turut. Itulah sebabnya Rasulullah menyarankan agar umat Muslim menikah di bulan Syawal (setelah Lebaran).

menikah setelah lebaran

www.tongkronganislami.net

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu yang memang sudah merencanakan pernikahan dengan pasangan setelah Lebaran, jangan lupa buat merencanakan bulan madu kalian dengan pesan tiket pesawat terbang dan hotel murah lewat pegipegi.com! Selamat berbulan madu, travelers!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

(Visited 713 times, 1 visits today)

Comments

To Top