Kuliner

Kenapa (Banyak) Orang Indonesia Gemar Makanan Pedas ya?

Foto 5 Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Pedas_

Apa jadinya ya kalau selama seminggu di Indonesia tidak ada cabai? Nggak kebayang deh kalau makan tanpa sambal, pasti ada yang kurang dan tidak mantap. Contoh nyata, ketika harga cabai naik, kehebohan yang terjadi tidak ada habis-habisnya dan banyak disorot televisi dan media massa. Ini adalah salah satu bukti kalau orang Indonesia sepertinya tidak bisa hidup tanpa cabai. Bahkan pemerintah sampai mengimpor dari negara tetangga agar harga cabai turun dan masyarakat tidak bergejolak.

Foto 1 Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Pedas

Yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa orang Indonesia suka banget makan makanan pedas? Sebenarnya, hampir semua negara di Asia hobi banget mengonsumsi makanan yang dibumbui cabai, seperti Thailand, Cina, Korea, Vietnam, dan Malaysia. So jangan heran kalau cabai menjadi komoditi yang harus dijaga betul pasokannya agar tidak terjadi kelangkaan.

Kalau diperhatikan, menu yang disediakan di warung makan, restoran, dan warung tenda yang bermunculan di malam hari juga banyak didominasi makanan pedas. Dan nyatanya, hampir semua rumah makan yang menawarkan menu pedas selalu dibanjiri penikmat kuliner. Bahkan restoran yang menyediakan menu dari luar negeri terkadang menyisipkan rasa pedas agar pengunjung punya banyak pilihan.

Foto 2 Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Pedas

Kegemaran orang Indonesia makan cabai dipercaya berlangsung sejak dulu. Menurut sejarah, cabai menjadi komoditas penting di Indonesia sejak masa Jawa Kuno dan menjadi makin familiar dengan lidah orang Indonesia. Dari awal, menu sambal memang paling praktis, mudah dibuat, dan bisa disandingkan dengan makanan lain. Bahkan di beberapa daerah pisang goreng ditemani cabai. Orang asing heran melihat kita makan buah dengan saus cabai. Maksudnya rujak buah.

Tidak hanya itu, banyak yang bilang kalau makan sambal terasi pakai nasi hangat dan lauk tempe rasa nikmatnya melebihi hidangan di restoran bintang 5. Lidah Indonesia juga sudah sangat familiar dengan sambal bawang, sambal dabu-dabu, sambal ijo, sambal matah, sambal tomat dan lainnya. Selera makan makin meningkat biarpun harus berkeringat deras. Bahkan beberapa makanan diberi label dengan tingkat kepedasan level 1 hingga level 10. Hebat ‘kan?

Foto 3 Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Pedas_

Ini dia alasan yang membuat kita hobi makan pedas. Tahukah kamu kalau rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai dan teman-temannya seperti merica dapat menstimulasi sekresi endorphin oleh hipotalamus? Hipotalamus sendiri adalah kelenjar dibawah otak yang akan bereaksi bila tubuh merasakan sakit luar biasa, dan disini rasa pedas dikenali oleh jaringan syaraf tubuh sebagai rasa sakit sehingga secara alami tubuh mengeluarkan endorphin, yaitu senyawa yang mirip dengan morphin. Karena itulah kenapa orang yang hobi makan makanan pedas sudah seperti kecanduan karena tubuh memproduksi morphin alami.

Ternyata kegemaran orang Indonesia mengonsumsi makanan pedas juga membawa manfaat. Pasalnya makanan pedas juga bagus untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, dan bioflavonoid yang baik untuk jantung karena dapat memperkuat pembuluh darah agar kerjanya tetap elastis serta sanggup menurunkan kadar kolesterol.

Foto 4 Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Pedas

Sementara itu capsaicin yang menjadi komponen utama cabai bisa meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan sehingga bisa digunakan untuk mengurangi sakit kepala, sinus, migrain, melancarkan hidung tersumbat, menurunkan kadar gula darah, mempercepat metabolisme dan mengurangi jaringan lemak dalam tubuh.

Kamu nggak menyangka kan kalau makanan pedas bisa menanggulangi masalah kesehatan tersebut? Dengan fakta-fakta tersebut, tidak mengherankan lagi kalau cabai sudah menjadi bagian hidup kuliner mayoritas orang Indonesia. Cita rasa pedas yang bisa menghangatkan tubuh dapat membuat lidah ingin terus menikmati hidangan di atas meja.

Foto 5 Kenapa Orang Indonesia Suka Makan Pedas_

Sekarang sudah tahu kan alasan kenapa orang Indonesia suka makan pedas? Jawabannya ya karena kecanduan. Kamu juga pasti bisa merasakan sendiri kalau sehari tidak makan pedas, rasanya pasti ada yang kurang. Setuju, kan?

(Visited 3,015 times, 1 visits today)

Comments

To Top