Berita

Kenapa Ada Tradisi Maaf-maafan Saat Lebaran?

Salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu saat Lebaran adalah maaf-maafan kepada keluarga, teman, pacar, dan orang-orang di sekitar. Memangnya itu tradisi wajib, ya? Untuk tahu jawabannya, simak bareng Pegipegi, yuk!

Dosa sudah dihapuskan saat berpuasa

Dengan berpuasa selama sebulan di bulan Ramadhan, dosa-dosa kita sudah terhapus. Dengan catatan, jika puasa dan amal ibadah diterima oleh Allah. Otomatis, kita sudah kembali suci seperti bayi baru lahir. Itulah mengapa Lebaran/Idul Fitri dirayakan sebagai hari kemenangan. Idul Fitri sendiri mengandung makna kembali ke fitrah/suci. Jadi, sebenarnya kamu sudah nggak perlu maaf-maafan lagi, soalnya dosamu terhadap Tuhan dan manusia sudah diampuni.

Makna ‘Minal Aidin Wal Faidzin’

Ucapan ‘minal aidin wal faidzin’ sering dikaitkan dengan ‘mohon maaf lahir batin’. Sehingga orang mengartikan bahwa makna minal aidin wal faidzin artinya mohon maaf lahir batin. Padahal, minal aidin wal faidzin digunakan unuk merayakan kemenangan perang saat zaman Rasul. Dan masih berkaitan dengan Idul Fitri yang juga berarti merayakan kemenangan atas dosa dan hawa nafsu.

Tradisi yang hanya terjadi di Indonesia

Uniknya, tradisi maaf-maafan saat Lebaran tidak terjadi di luar negeri. Ya, cuma di Indonesia tradisi seperti ini dijalankan. Meskipun bukan makna yang tepat, namun melakukan tradisi maaf-maafan saat Lebaran nggak salah, kok. Malahan itu bisa mempererat rasa kekeluargaan dan tali silaturahmi. Bahkan, bisa bikin hubungan yang tadinya kurang baik, menjadi baik kembali.

Intinya sih, kalau segala sesuatu yang kita lakukan bermakna positif dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, sah-sah aja jika tetap ingin dilakukan. Saat Lebaran nanti, jangan lupa maaf-maafan dengan orang terdekatmu, ya! Dan sekalian ajak mereka untuk merencanakan liburan berikutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.infoyunik.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 231 times, 1 visits today)

Comments

To Top