Kuliner

Kenapa Ada Orang yang Membenci Keju?

Bagi pecinta kuliner, keju adalah surga. Tanpa keju, pizza, pasta hingga burger pun bakal terasa cukup hambar di lidah.

Mau cair maupun padat, keju adalah bagian terpenting dalam gaya hidup manusia modern. Selain itu, protein yang tinggi membuat keju sangat sehat untuk dikonsumsi.

Tapi, di dunia ini, ada loh mereka yang sangat membenci keju. Saking bencinya, keju adalah pantangan dalam daftar konsumsi makan mereka tiap hari. Kok bisa sih?

Well, semuanya bisa dijelaskan secara ilmiah oleh Harold McGee, penulis kuliner handal. Lewat bukunya bertajuk On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen, McGee mengatakan bahwa ketidaksukaan seseorang terhadap keju didasarkan oleh psikis seseorang.

Sejak dini, manusia memiliki kemampuan untuk mencium dan membedakan mana aroma lezat dan buruk. Berkat indra tersebut, kita memiliki tendensi untuk menghindari makanan dengan aroma buruk yang kuat meski secara kualitas dan manfaat cukup baik.

Mual Karena Aroma

Lewat buku tersebut, McGee menaruh keju ke dalam klasifikasi controlled spoilage atau pembusukan yang terkendali. Kenapa? Untuk membuat keju, kamu harus memisahkan protein dari susu yang digunakan.

Proses tersebut menciptakan aroma yang kuat dan cenderung musky. Bahkan, beberapa jenis keju dengan permukaan berjamur seperti gorgonzola memancing otak menolak tubuh yang mencium untuk menyentuhnya.

Otak yang merasa terancam pun mengeluarkan sinyal ke seluruh tubuh untuk bereaksi, memicu rasa mual yang berlebih. Ini yang membuat beberapa orang ogah makanannya dicampur dengan keju.

Selain faktor psikis, kondisi lingkungan pun dapat mempengaruhi seseorang membenci keju. Khususnya yang masih tinggal dalam satu keluarga.

Di mana, faktor orang tua akan mempengaruhi cara makan anaknya. Jika sang ibu merasa mual kala mencium aroma keju, maka sang anak secara nggak langsung menyerap sinyal tersebut dan menetapkan keju sebagai sesuatu yang berbahaya.

Jadi, bagi para pecinta keju yang suatu saat bertemu dengan tipe-tipe orang seperti ini, harap dimaklumi saja. Daya rangsang dan reaksi seseorang terhadap sebuah aroma itu berbeda-beda, kok.

Mau berburu keju sambil liburan? Bisa banget! Supaya kamu bisa liburan terus dengan harga terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto utama: Standard

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top