Kuliner

Kenapa Ada Kata ‘Ambon’ di Kue Bika Ambon?

Rasanya manis, teksturnya pun kenyal dan empuk! Begitulah sensasi nikmat yang kita dapatkan tiap kali mencicipi sepotong kue Bika Ambon.

Dengan segelas teh manis, Bika Ambon masih menjadi salah satu kuliner terenak di kota asalnya, Medan. Hanya dengan Rp 80-90 ribu, kamu bisa membawa pulang kue berwarna kuning tersebut buat dinikmati bersama keluarga di rumah.

Beberapa dari kamu pun pasti tahu brand-brand Bika Ambon terenak di Medan. Mulai dari Zulaikha Bika Ambon hingga Sylvie Bika Ambon yang nggak pernah sepi pelanggan.

Tapi, pernah terlintas nggak di dalam pikiran kenapa bika ini ada kata Ambon di belakangnya? Padahal, sejak dulu, orang mengenal Bika Ambon sebagai kuliner asli Ibukota Sumatera Utara tersebut.

Nama Sebuah Jalan

Well, Bika Ambon memang nggak pernah ada hubungan spesial dengan kota Ambon di Maluku. Sejarah pun berkata, kue yang satu ini merupakan modifikasi dari kue khas Melayu, Bingka dengan ciri khas spesial rongga di dalam isiannya.

Kisah asal muasalnya pun ada berbagai versi. Mulai dari seorang perantau dari Ambon yang hijrah ke Malaysia sebelum singgah ke Medan dengan membawa kue Bingka Melayu, hingga kisah seorang pembantu asal Ambon yang mencicipi kue Bingka buatan majikannya di mana kemudian dipasarkan dengan nama Bika Ambon.

Anyway, kebanyakan orang Medan justru lebih percaya dengan versi berikut. Di mana, Bika Ambon berasal dari nama sebuah jalan di kota Medan, jalan Ambon. Konon katanya, di sanalah kue bika khas Medan tersebut pertama kali dijajakan.

Alhasil, nama kue bika ini sering disebut Bika Ambon. Namun, yang jelas, hingga sekarang, belum ada yang mampu membuktikan asal usul Bika Ambon dengan tepat.

Kira-kira, kamu percaya versi yang mana? Yang jelas, kue bika dengan teh hangat manis itu surga banget, deh!

Foto utama: sipendik

Penasaran mau berburu Bika Ambon di Medan? Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Medan lewat Pegipegi! Selamat berkuliner!

pesan tiket pesawat murah ke Medan pesan tiket kereta api murah ke Medan  cari hotel murah di Medan

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 868 times, 3 visits today)

Comments

To Top