Berita

Kenapa 1 Juni Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila?

Mungkin, sebagian dari travelers bingung, kenapa tanggal 1 Juni dijadikan sebagai Hari Lahir Pancasila. Presiden Jokowi memang sudah membuat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

Tanggal 1 Juni 1945 memang merupakan hari lahirnya dasar negara Indonesia sebagai pemersatu bangsa. Kata Pancasila pertama kali diucapkan oleh Soekarno di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Berikut pidato Bung Karno.

Dasar negara, yakni dasar untuk di atasnya didirikan Indonesia Merdeka, haruslah kokoh kuat sehingga tak mudah digoyahkan.

Bahwa dasar negara itu hendaknya jiwa, pikiran-pikiran yang sedalam-dalamnya, hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan gedung Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi.

Dasar negara Indonesia hendaknya mencerminkan kepribadian Indonesia dengan sifat-sifat yang mutlak keindonesiaannya dan sekalian itu dapat pula mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, aliran, dan golongan penduduk,”

Dasar negara yang saya usulkan. Lima bilangannya. Inilah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat di sini. Dharma berarti kewajiban, sedang kita membicarakan dasar.

Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya menamakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa (Muhammad Yamin) namanya Pancasila. Sila artinya asas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia kekal dan abadi.

Tahun 2016 kemarin, tanggal 1 Juni belum dijadikan hari libur nasional. Tapi, kabar baiknya, mulai tahun ini, tanggal 1 Juni telah dijadikan hari libur nasional. Karena, di tahun ini, pemerintah akan memeriahkan Hari Lahir Pancasila dengan lebih semarak lewat berbagai kegiatan yang terangkum dalam “Pekan Pancasila” yang diselenggarakan pada 29 Mei sampai 4 Juni 2017.

Tema Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 adalah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sendiri akan dilaksanakan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat dan dihadiri Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Tujuan diselenggarakan “Pekan Pancasila” adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila. Juga untuk menarik minat para generasi muda terhadap pancasila. Ke depannya, diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kamu juga bisa memeriahkan Hari Lahir Pancasila di media sosial dengan menggunakan hashtag #PekanPancasila #SayaPancasila #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017.

Ada hari kejepit setelah tanggal 1 Juni 2017, travelers! Kamu ada rencana ambil cuti? Hihihi… Sekalian liburan aja! Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto utama: http://ghiboo.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 4,259 times, 12 visits today)

Comments

To Top