Berita

Kenali 5 Tanda Gula Darah Meningkat!

Penyakit diabetes mellitus (kencing manis) tipe 2 memang menakutkan. Penyakit ini disebabkan karena kadar gula yang tinggi. Bukan hanya karena faktor keturunan, namun diabetes tipe 2 bisa menyerang siapa aja jika tidak memiliki pola hidup sehat. Kadar gula yang meningkat bisa dikenali lewat gejala berikut.

1. Selalu lapar namun berat badan cepat turun

 

 

Kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak bisa diolah menjadi energi, sehingga sel-sel tubuh kamu nggak mendapatkan makanan. Kamu pun akan terus merasa lapar dan nafsu makan meningkat. Namun, berat badanmu malah turun drastis.

2. Sering haus dan sering buang air kecil

Sudah minum air banyak, namun tetap merasa haus, itulah gejala gula darahmu meningkat. Hal ini terjadi karena fungsi ginjal terganggu sesaat setelah tubuh nggak mampu mengendalikan gula darah. Cairan yang seharusnya diserap kembali oleh ginjal justru keluar bersama gula. Sehingga, kamu kekurangan cairan dan sering buang air kecil.

3. Mulut kering

Gula darah yang tinggi menyebabkan kelenjar air liur terganggu, sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal dan menyebabkan mulut menjadi kering dan berakibat pada nyeri pada gigi dan gusi.

4. Penglihatan kabur

Saat gula darah naik, tubuh tak mampu membuat energi yang seharusnya dipakai untuk menjadi bahan bakar semua jaringan tubuh, termasuk sistem saraf. Jaringan saraf pada indra penglihatan juga bisa terganggu dan menyebabkan penglihatan kabur.

5. Cepat merasa lelah

Gula darah yang tinggi tidak bisa diolah dengan baik dan mengganggu fungsi insulin, sehingga tubuh kekurangan energi dan kamu cepat merasa lelah.

Jika sudah mengalami gejala di atas, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter. Untuk mencegah kadar gula darah naik, lakukan pola hidup sehat dengan mengurangi makanan manis dan berkarbohidrat tinggi, juga rutin olahraga. Dijamin kamu bisa tetap sehat dan bisa traveling ke mana aja!

Agar bujet traveling kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top