Berita

Kenalan dengan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, yuk!

Sebagai orang Indonesia, khususnya warga Jakarta, kita perlu berbangga soalnya program pembangunan Terminal 3 di Bandara Soekarno Hatta yang baru sudah selesai dan sudah beroperasi di minggu kedua bulan Agustus 2016, tepatnya tanggal 9 Agustus 2016 kemarin. Begitu masuk ke sana, dijamin kamu akan terkagum-kagum dengan kemegahannya. Yuk, berkenalan dengan terminal baru yang satu ini!

Disambut antusias oleh netizen

Meskipun baru dioperasikan, namun suasana Terminal 3 sudah ramai akan penumpang. Banyak respon positif yang diberikan netizen mengenai Terminal 3. Kebanyakan dari mereka kagum dengan megahnya Terminal 3 yang nggak kalah bagus daripada terminal bandara di luar negeri.

Namun, di balik kemegahannya, Terminal 3 juga masih punya kekurangan. Maklum aja sih, soalnya bangunan masih sangat baru. Di beberapa spot Terminal 3 masih ada yang direnovasi. Ada beberapa netizen yang mengungkapkan bahwa pihak Soekarno Hatta belum siap merilis Terminal 3. Namun, banyak juga yang memaklumi hal itu.

Beberapa kekurangan Terminal 3 yang disampaikan oleh netizen antara lain minimnya fasilitas tempat duduk untuk penumpang. Booth makanan dan minuman di sana juga masih bersifat sementara. Selain itu, letak gerbang pemeriksaan dan mesin X-ray terlalu dekat dengan pintu masuk. Ketiga hal itu harus diperhatikan, karena ke depannya, jumlah penumpang pesawat bakal terus melonjak.

Nggak jadi menggunakan kata ‘ultimate’

Di Bandara Internasional Soekarno Hatta hingga saat ini hanya terdapat tiga terminal 1, 2, dan 3. Tadinya, terminal baru ini dinamakan Terminal 3 Ultimate agar bisa membedakan dari terminal 3 yang lama. Hal itu mengundang kritik dari Anggota Komisi X DPR Mustafa Kamal. Ia menilai bahwa segala aktivitas perdagangan harus menggunakan bahasa Indonesia.

Hal tersebut juga sudah diatur di Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 mengenai Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Di situ dijelaskan bahwa bahasa yang resmi nasional yang digunakan di wilayan Indonesia adalah bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia bukan hanya sebagai identitas bangsa, tapi juga sebagai pemersatu bangsa.

Perhatikan peraturan-peraturan baru di Terminal 3!

Peraturan pertama adalah ketiadaan pengumuman melalui pengeras suara untuk memberitahukan jadwal keberangkatan setiap penerbangan ke semua jurusan. Karena, Terminal 3 adalah silent airport. Peraturan kedua adalah Terminal 3 tidak menyediakan porter, jadi semua barang bawaan yang masuk bagasi diambil sendiri oleh pemilik barang. Dan peraturan ketiga adalah taksi menggunakan sistem FIFO (first in first out) yang artinya penumpang nggak bisa memilih taksi sesuai selera.

Selain itu, masih ada beberapa perubahan di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Semua penerbangan yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia dialihkan dari Terminal 2F ke Terminal 3. Selanjutnya, maskapai internasional lainnya juga akan dipindahkan ke Terminal 3. Terminal 1 dan 2 hanya untuk maskapai lokal. Kebijakan ini dilakukan agar kemegahan Terminal 3 dikenal oleh banyak turis asing.

Garuda Indonesia menghilangkan denda keterlambatan

garuda

Foto dari blog.hulaa.com

Perubahan baru ini kerap kali membingungkan penumpang karena masih ada petugas bandara yang belum siap mengarahkan penumpang ke terminal baru. Dari Terminal 2F ke terminal 3 bisa dicapai dengan menggunakan shuttle bus.  Namun, interval shuttle bus di sana datang cukup lama. Kamu bisa menggunakan alternatif kendaraan lain, yaitu ojek.

Tentunya, bakal banyak penumpang yang belum terbiasa dengan peraturan baru ini dan kemungkinan bakal banyak penumpang yang datang terlambat. Untuk mengatasi hal itu, sampai akhir Agustus 2016, pihak Garuda Indonesia akan menghilangkan denda keterlambatan penumpang.

Interior yang instagenic!

Saking kerennya Terminal 3, kamu bisa jadikan tempat ini sebagai ajang narsis. Sudah banyak instagrammers yang selfie atau foto-foto cantik di sana.

Nganyarin terminal baru

A photo posted by septa indarti (@etaa_) on

Don’t sit and wait. Get out there, feel life #moveondarirangga 😅 #moveonkeT3Garuda #t3garuda

A photo posted by Neti Harun (@ntty_) on

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Dengan adanya terminal baru yang super megah tersebut, tentunya kamu jadi makin semangat buat traveling, dong! Sebelum terbang, jangan lupa buat foto-foto narsis dulu di Terminal 3, ya! Agar bujet tiket pesawat kamu lebih murah, yuk, pesan tiket pesawat lewat pegipegi.com! Jangan lupa sekalian pesan hotel murahnya, ya, travelers!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

(Visited 1,772 times, 1 visits today)

Comments

To Top