Berita

Kenalan dengan Diet Ketogenik, Diet yang Lagi Hits!

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Nah, salah satu metode diet yang sedang dibicarakan adalah diet ketogenik (diet keto). Enaknya diet ketogenik adalah kamu bisa tetap makan enak tanpa menyiksa tubuh. Seperti apa metode dietnya? Simak bareng-bareng, yuk!

Awalnya untuk mengobati penyakit epilepsi

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa diet ketogenik bisa mengurangi kejang pada penderita epilepsi. Di bulan Juni 2014, seorang anak penderita epilepsi tidak lagi mengalami kejang setelah menjalani diet ketogenik yang terbukti bisa menenangkan saraf dan mencegah hilangnya kesadaran. Karena pada dasarnya, makanan yang mengandung karbohidrat tidak sehat untuk dikonsumsi terlalu banyak, juga mengandung radikal bebas. Selain menyembuhkan epilepsi, diet ketogenik juga bisa mencegah anak kecil mengalami obesitas.

Boleh mengonsumsi banyak lemak

Kamu pasti bingung deh, kok makan banyak lemak bisa langsing? Yup, memang seperti itulah metode diet ketogenik. Proporsi makanan yang biasanya dikonsumsi adalah lemak 75%, protein 20%, dan karbohidrat 5%. Saat kamu menerapkan diet ketogenik, tubuhmu akan membakar lemak menjadi keton (zat metabolisme lemak) di dalam hari dan menyediakan energi untuk otak. Keadaan tersebut disebut ketosis yang umumnya terjadi setelah melakukan diet ketogenik selama empat hari.

Selain bikin kamu jadi langsing, diet ketogenik juga bisa menurunkan kadar gula darah dan insulin. Sehingga, kamu bisa mencegah diabetes. Bagi yang mengalami diabetes, diet ketogenik juga baik untuk diterapkan, lho! Diet ketogenik juga bisa mencegah alzheimer, menghaluskan kulit, menyehatkan jantung, menurunkan kadar tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol jahat.

Jenis diet ketogenik

foto dari: www.apki.or.id

  1. Standard ketogenic diet (SKD) adalah diet yang sangat rendah karbohidrat, protein sedang, dan tinggi lemak. Hal ini biasanya mengandung 75% lemak, 20% protein, dan hanya 5% karbohidrat.
  2. Cyclical ketogenic diet (CKD) adalah diet yang melibatkan periode mengonsumsi karbohidrat tinggi, biasanya seperti 5 hari diet ketogenik diikuti 2 hari tinggi karbohidrat.
  3. Targeted ketogenic diet (TKD) adalah diet yang memungkinkan kamu menambahkan karbohidrat pada saat melakukan diet.
  4. High-protein ketogenic diet sama dengan diet ketogenik standar tapi dengan menambahkan lebih banyak protein. Rasionya adalah 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat.

Namun, hanya diet ketogenik standar dan tinggi protein yang telah dipelajari secara ekstensif. Diet ketogenik cyclical atau targeted adalah metode diet yang lebih digunakan oleh binaragawan atau atlet.

Seperti apa pola makan diet ketogenik?

Lemak yang dianjurkan dalam diet ketogenik tentunya adalah lemak sehat, seperti daging, telur, minyak nabati, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, keju, kacang-kacangan, alpukat, butter, dan sebagainya. Sayuran rendah karbohidrat, seperti sayuran hijau, tomat, bawang putih, dan paprika juga layak untuk dikonsumsi. Untuk bumbu, kamu bisa mengonsumsi garam, merica, dan bumbu rempah lainnya. Dan sebaiknya tidak mengonsumsi penyedap rasa (MSG).

Umumnya, setiap orang yang melakukan diet ketogenik hanya mengonsumsi 20-50 gram karbohidrat dalam sehari. Jadi, sebaiknya kamu hindari beberapa makanan ketika menjalani diet ketogenik, seperti produk berbahan gandum, nasi, pasta, dan sereal, buah-buahan kecuali buah dengan sedikit beri-berian seperti stroberi, kacang atau polong, seperti kacang polong, kacang merah, buncis, dan lentil, sayuran akar-akaran atau umbi-umbian, seperti kentang, ubi jalar, wortel, dan lain-lain, produk rendah lemak atau produk diet karena diproses terlalu lama, sehingga tinggi akan karbohidrat, alkohol karena mengandung karbohidrat, lemak tak sehat, seperti minyak nabati olahan dan mayones.

 

 

Nah, cukup mudah untuk diikuti kan? Yang penting ada kemauan untuk berubah, di situ pasti ada jalan. Dengan diet ketogenik, kamu bisa tampil kece saat liburan. Jadi nggak sabaran juga untuk merencanakan liburan kan? Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: lifestyle.okezone.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 216 times, 1 visits today)

Comments

To Top