Berita

Kenalan dengan DASH, Diet Terbaik di Amerika Serikat!

Ada banyak metode diet di dunia ini dan itu yang bikin kita semakin bingung untuk memilih metode diet yang cocok. Di Amerika Serikat ada metode diet yang dianggap terbaik, yaitu diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Seperti apa dietnya? Simak bareng Pegipegi, yuk!

Untuk mengontrol tekanan darah

DASH mulai dikenal di Amerika Serikat pada tahun 2011. Awalnya, diet DASH ditujukan untuk orang-orang yang menderita hipertensi agar mereka bisa mengontrol tekanan darah. Setelah dicoba, ternyata DASH juga efektif untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan ampuh untuk mencegah diabetes (kencing manis). Lewat diet ini, dibuktikkan bahwa orang gemuk memiliki tekanan darah yang lebih tinggi ketimbang orang kurus.

Apa yang harus dilakukan?

1. Mengurangi asupan garam

Untuk melakukan diet DASH, kamu harus mengurangi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa kamu mulai dengan memasak makanan sendiri, sehingga kamu bisa mengurangi kadar garam di dalamnya. Hindari pula makanan atau jajanan di luar sana yang mengandung banyak garam, seperti telur asin, fast food, junk food, dan lain-lain. Selain bisa meningkatkan tekanan darah, makanan dengan kadar garam tinggi juga bisa meningkatkan nafsu makan.

2. Meningkatkan asupan serat

Diet DASH juga mengharuskanmu untuk menambah porsi serat dalam sehari yaitu sekitar 6-8 gram porsi (satu porsinya sama dengan satu cangkir sayuran). Dengan menambah serat, kekebalan tubuh lebih meningkat, nafsu makan akan lebih terkendali, perut menjadi cepat kenyang, pencernaan lebih lancar, dan racun dalam tubuh mudah terbuang.

3. Olahraga

Diet jenis apa pun tidak akan maksimal jika kamu tidak olahraga. Jika kamu sudah rutin meningkatkan serat dan mengurangi asupan garam, jangan lupa olahraga, ya! Jenis olahraganya bisa kamu tentukan sendiri sesuai kemampuan dan hobi.

Untuk kamu yang sedang diet, namun berencana liburan, kamu tetap bisa melakukan diet DASH ini kok! Agar bujet liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top