Berita

Kenaikan Airport Tax di 5 Bandara Internasional Demi Perbaikan Fasilitas

182701_bandarahasanuddin01ammang

Ada sedikit kabar yang mungkin sedikit nggak enak buat travelers, terutama buat kalian yang biasa jalan-jalan dan survive dengan dana minimalis. Pemerintah melalui PT Angkasa Pura I sebagai pengelola tunggal bandara di seluruh Tanah Air mengumumkan akan menaikkan airport tax di 5 bandara internasional yang tersebar di berbagai daerah. Kenaikan airport tax mencapai 80 persen untuk penerbangan domestik dan 33 persen untuk penerbangan internasional, dan resmi berlaku mulai 1 April 2014.

Corporate Communication Department Head PT Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan mengatakan, pihaknya telah merencanakan kenaikan airport tax dengan matang, termasuk meminta pertimbangan dari lembaga semacam Kementerian Perhubungan dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI ).

“Mereka dapat memahami kenaikan ini. Airport tax sudah 3 tahun nggak naik, sedangkan jalan tol saja setiap dua tahun ada peninjauan kembali,” tegas Handy.

Meski tak menyangkal bahwa kenaikan airport tax akan memberatkan konsumen jasa penerbangan dan wisatawan kelas menengah, Handy meyakinkan bahwa kenaikan dilakukan mengingat AP I sudah melakukan banyak perbaikan dan peningkatan fasilitas di beberapa bandara, terutama bandara internasional.

Pihaknya mengatakan, selain membangun dan melengkapi fasilitas di 5 bandara yang mengalami kenaikan airport tax, dana yang diperoleh dari kenaikan airport tax nantinya akan digunakan untuk membangun fasilitas yang lebih baik di sejumlah bandara lain di Semarang, Banjarmasin dan Jogjakarta.

Perbaikan teknologi yang digunakan untuk efektifitas dan peningkatan layanan terhadap penumpang juga akan dilakukan, seperti pengadaan Airport Operation Database (AOD) di Bandara Sepinggan, Balikpapan.

“Hal ini diterapkan dengan membangun satu ruang master control yang salah satu fungsinya adalah memperkirakan berapa banyak passenger yang harus ditangani dalam satu atau dua jam mendatang. Dengan demikian petugas yang bersangkutan akan mengetahui gate dan garbarata mana yang harus dibuka dan digunakan, “ ujar Handy.

Sementara itu, sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia dan Citilink mengungkapkan akan segera menaikkan harga tiket pesawat sesuai dengan kenaikan airport tax, dimana calon penumpang akan membayar harga tiket berikut airport tax, sesuai dengan bandara tujuan.

Direktur Proyek Komersial Citilink, Hans Nugroho mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penyesuaian harga tiket berdasarkan surat edaran dari PT Angkasa Pura I sesuai tenggat waktu yang sudah diputuskan. Ia meminta pengertian dari para calon penumpang atas kebijakan baru dari pihak manajemen bandara. Sedangkan kenaikan harga sendiri masih dalam proses perhitungan.

Sejumlah penumpang pesawat yang ditemui di Bandar Udara Kuala Namu Medan mengeluhkan kebijakan tersebut, karena menurut mereka sudah seharusnya bandara menyediakan fasilitas dan pelayanan yang menguntungkan bagi para penumpang sebelum memutuskan untuk menaikkan airport tax.

“Pengeluaran kami sebagai penumpang jadi bertambah,” keluh Syahrial, salah seorang penumpang di Bandara Kuala Namu, Medan.

Berikut adalah perubahan harga yang berlaku di 5 bandara internasional terkemuka di Tanah Air:
1.   Bandara Ngurah Rai, Denpasar ( berlaku 1 Agustus 2014 )
Penerbangan domestik naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 75 ribu
Penerbangan internasional dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu

2.   Bandara Juanda, Surabaya
Penerbangan domestik naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 75 ribu
Penerbangan internasional dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu

3.   Bandara Sepinggan, Balikpapan
Penerbangan domestik naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 75 ribu
Penerbangan internasional dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu

4.   Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar
Penerbangan domestik naik dari Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu
Penerbangan internasional dari Rp 100 ribu menjadi Rp 150 ribu

5.   Bandara Lombok Praya, Mataram
Penerbangan domestik naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 45 ribu
Penerbangan internasional dari Rp 100 ribu menjadi Rp 150 ribu.

(Visited 615 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top