Event & Festival

Kemeriahan Puncak Kerja Seni di Pesta Kesenian Bali

Bicara tentang Bali tak luput dari keindahan alamnya yang sudah dikenal oleh mata internasional. Nggak cuma itu saja, Bali juga dikenal memiliki kebudayaan dan kesenian yang selalu menarik wisatawan. Kamu bisa melihat ragam kesenian khas Pulau Dewata di Pesta Kesenian Bali. Acara ini merupakan agenda rutin dari Pemprov Bali yang bertujuan untuk pelestarian dan pengembangan nilai kesenian dari budaya Bali.

Tahun 2018 ini, Pesta Kesenian Bali akan diselenggarakan mulai 16 Juni hingga 14 Juli. Lokasinya akan berpusat di Werdhi Budaya Art Center, jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali.

Pesta Kesenian Bali diadakan selama sebulan penuh dan dimeriahkan oleh seniman dari seluruh penjuru Bali. Semuanya berkontribusi dalam mempersembahkan karya terbaiknya. Di acara ini juga terdapat kompetisi tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Pastinya acara ini akan sangat meriah bila disaksikan langsung.

SESUAI AJARAN HINDU

Persembahan seni di acara ini juga berangkat dari ajaran Hindu yang dianut mayoritas masyarakat Bali. Persembahan tersebut mengandung arti pembebasan yang ikhlas, yang dalam ajaran Hindu disebut yadnya. Karena itu, seniman yang berkontribusi di acara ini berusaha maksimal untuk memberikan karyanya yang terbaik sebagai sebuah persembahan.

Atas dasar yadnya inilah masyarakat Bali termotivasi untuk terus berkarya dan memperlihatkannya lewat Pesta Kesenian Bali ini. Lepas dari dasar kepercayaan ini, Pesta Kesenian Bali juga mengandung nilai-nilai lain yang tak luput dari keindahan.

FESTIVAL SENI TERTUA,TERPANJANG, DAN TERMERIAH

A post shared by Sinyo (@swasthika_wijaya) on


Pesta Kesenian Bali disebut-sebut sebagai festival tertua, terpanjang, dan termeriah di Indonesia. Acara ini pertama kali diselenggarakan tahun 1979 oleh Gubernur Bali saat itu, Ida Bagus Mantra. Acara pertama tersebut berlangsung hingga dua bulan lamanya. Tapi sekarang, Pesta Kesenian Bali berlangsung selama satu bulan saja.

Karena banyaknya kesenian yang ditampilkan di acara ini, membuat Pesta Kesenian Bali menjadi festival yang dinilai paling meriah se-Indonesia. Nggak cuma kesenian yang sudah dikenal luas, kesenian yang hampir punah pun dapat dilihat di sini. Itulah tujuan dari diselenggarakannya festival ini agar generasi penerus dapat mengenal budaya apa saja yang menjadi kekayaan Bali.

Kamu bisa melihat berbagai parade, pentas seni, dan berbagai pertunjukkan lainnya yang sayang bila dilewatkan. Pesta Kesenian Bali juga selalu dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia selama kurun waktu 40 tahun terakhir.

Pengin lihat acara ini secara langsung? Yuk, langsung pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah

Foto: indonesia-heritage.net

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top