Kuliner

Kelezatan Lontong Balap Pak Gendut yang melegenda

Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut adalah warung lontong balap yang sangat terkenal di kalangan pemburu kuliner di Surabaya, Jawa Timur. Bentuk warungnya sih sederhana aja, ngga seperti restoran-restoran mahal di kota kamu. Tapi para pengunjungnya kebanyakan bermobil mewah loh. Dan di akhir pekan atau musim liburan mobil yang mendominasi tempat parkir depot Lontong Balap Pak Gendut adalah mobil dengan plat nomor dari luar kota Surabaya, travelers. Hmm .. apa sih yang membikin warung sederhana ini istimewa?

Lontong Balap Pak Gendut Surabaya lebih nikmat kalo pedas

Lontong Balap Pak Gendut

foto: www.resepmasakansiemak.com

Tunggu dulu. Sebenarnya lontong balap itu apaan sih? Mungkin itu yang terlintas di benak kamu. Lontong balap itu nama sebuah masakan khas Jatim favorit Pegipegi, travelers. Ada lontong, tahu, taoge, mi, lentho (semacam gorengan terbuat dari singkong) dan udang disusun dalam piring yang udah diberi bumbu petis (semacam saus berwarna hitam pekat yang terbuat dari udang), bawang putih dan cabe (kalo suka pedas). Trus bahan-bahan itu nanti disiram kuah panas berkaldu ayam atau daging dan diberi taburan bawang goreng.

Ngga tau kenapa makanan penggoda selera ini dinamakan lontong balap, travelers. Ada yang bilang dulu para penjual lontong balap menjajakan dagangannya dengan cara dipikul dan berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya. Waktu itu panci yang dipake buat menyimpan kuahnya masih berupa panci tanah liat yang aduhai beratnya. Mau nggak mau para penjual lontong balap harus berjalan kaki dengan cepat supaya beban di pundak ngga terasa berat, mirip seperti orang yang sedang balapan. Itulah sedikit tentang asal muasal nama lontong balap, travelers.

Di Depot Lontong Balap Pak Gendut, lontong balap biasanya disajikan bersama es kelapa muda dan sate kerang. Tapi ngga menutup kemungkinan buat kamu yang ingin mengganti es kelapa muda dengan minuman hangat lain seperti teh hangat atau jeruk hangat. Saat paling tepat buat menikmati sepiring lontong balap adalah di jam makan siang, sore atau malam hari. Gimana kalo pagi hari? Kayaknya nggak mungkin deh karena kuah lontong balapnya belum matang, travelers. Mudah-mudahan kamu bukan golongan yang alergi udang ya soalnya kandungan udang dalam petis lontong balap bisa bikin kamu gatal-gatal.

Lontong Balap Pak Gendut melegenda sejak tahun 1950-an

Lontong Balap Pak Gendut mula-mula didirikan tahun 1956 di atas trotoar Jalan Kranggan Surabaya, tepat di depan Bioskop Garuda. Waktu itu Depot Lontong Balap Pak Gendut masih sangat sederhana dan hanya bisa memuat beberapa orang aja. Pak Gendut, pendiri Depot Lontong Balap Pak Gendut, mewarisi usaha warung lontong balap itu dari ibu beliau yang bernama Saunah. Di tahun 2007 Pak Gendut meninggal dunia karena sakit liver dan sejak saat itulah warung Lontong Balap Pak Gendut diteruskan oleh anak-anaknya.

 

 

Jalan yang cukup terjal musti ditempuh Aris, putra Pak Gendut yang saat ini menjadi CEO-nya Lontong Balap Pak Gendut, buat mempertahankan bisnis keluarga tersebut. Warung Lontong Balap Pak Gendut pernah digusur di tahun 2012 oleh Satpol PP karena berdiri di atas trotoar dan dianggap mengganggu pejalan kaki. Belum lagi masalah akibat kenaikan harga bahan pokok seperti cabe. Aris mengaku pernah diprotes para pelanggannya karena mengurangi jumlah cabe yang dipakai untuk sambal lontong balap.

Kini Depot Lontong Balap Pak Gendut udah punya tempat yang lebih representatif, lebih luas dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet dan mushola. Lontong Balap Pak Gendut saat ini bisa kamu kunjungi di Jalan Prof. Dr. Moestopo no. 11 Surabaya, tepat di depan kantor PDAM Surabaya dan SMAN 4 Surabaya. Lontong Balap Pak Gendut dijamin halal dan harganya relatif terjangkau, hanya Rp 12 ribu saja per porsi.

Berencana pergi ke Surabaya dan makan di Lontong Balap Pak Gendut akhir pekan ini, travelers? Segeralah memesan tiket pesawat ke Surabaya atau booking hotel nyaman terjangkau hanya di Pegipegi.

(Visited 561 times, 1 visits today)

Comments

To Top