Destinasi

Keindahan terbit dan tenggelamnya matahari di Indonesia

Bukan rahasia lagi kalau keindahan alam Indonesia kerap menyedot perhatian wisatawan baik dalam dan luar negeri. Salah satu aktivitas paling diminati saat menikmati alam Indonesia adalah memandang matahari terbit dan tenggelam.

Di Tanah Air, ada banyak spot menawan untuk menikmati proses terbit dan tenggelamnya sang surya. Berikut PegiPegi share beberapa lokasi menarik untuk menikmati sunrise atau sunset.

  1. Sunrise di Gunung Bromo

sunrise bromo

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan alam di kawasan Gunung Bromo? Gunung yang berada dalam empat wilayah Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang memang menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk menikmati matahari terbit.

Untuk melihat sunrise, kamu harus berangkat sejak subuh dan pergi ke tempat penanjakan yang memang bisa dijadikan titik untuk melihat sunrise. Di sini, kamu bisa melihat indahnya matahari muncul dari ufuk timur dengan cahaya kemerahan. Pemandangan makin cantik dengan efek kabut tebal di sekeliling dan latar Gunung Semeru.

  1. Sunrise di Candi Borobudur

borobudur

Candi Borobudur termasuk salah satu lokasi favorit wisatawan saat mengunjungi Jawa Tengah. Tapi tahukah kamu, Borobudur tidak hanya dikenal sebagai candi atau kuil terbesar di dunia, di sini juga kalian bisa menikmati indahnya matahari terbit.

Kalau masih bingung bagaimana menyaksikan sunrise dari Candi Borobudur, karena objek wisata ini baru dibuka mulai pukul 06:00 pagi, kamu bisa masuk melalui Hotel Manohara yang letaknya memang di kaki candi peninggalan tahun 800-an Masehi dengan membayar tarif yang telah ditentukan. Atau jika ingin alternatif lain, travelers bisa menaiki Bukit Punthuk Setumbu atau Nirwana Sunrise.

Dijamin, travelers tidak akan menyesal karena disuguhi pemandangan begitu menakjubkan ketika sang surya mulai menampakkan kemilaunya. Jadi gak heran kan kenapa Marc Zuckerburg memilih Candi Borobudur sebagai lokasi pertama yang didatangi saat mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu.

  1. Sunrise di Dieng

sunrise dieng

Bagi para pemburu matahari terbit, mengunjungi dataran tinggi Dieng termasuk salah satu opsi utama wisatawan. Banyak yang menganggap pemandangan sunrise di sini unik karena kamu bisa melihat cincin perak dan emas yang seolah-olah melingkari matahari waktu terbit.

Travelers bisa menikmati sunrise dari Gardu Pandang Dieng, yang jaraknya sekitar 4 km sebelum masuk wilayah dataran tinggi Dieng. Untuk alternatif lainnya, kalian bisa menjadi saksi keindahan matahari terbit dari Bukit Sikunir. Gak cuma bisa menikmati matahari bercincin emas dan perak, tapi juga pemandangan lima gunung di sekeliling dataran tinggi Dieng dengan kondisi masih berselimut kabut, jadi seolah-olah terlihat seperti salju.

  1. Sunset di Tanah Lot

sunset tanah lot

Mengunjungi Bali tak lengkap rasanya jika kamu tidak mampir ke Tanah Lot. Gak cuma menikmati indahnya pura di tepi pantai, menikmati tenggelamnya surya di Tanah Lot pun jadi salah satu atraksi paling istimewa.

Keindahan matahari tenggelam dipercantik dengan latar belakang pesona Pura Tanah Lot yang berdiri di atas karang. Suara deburan ombak dan nyanyian tarian kecak menyempurnakan keindahan alam.

  1. Sunset dan sunrise di Gili Trawangan

sunset gili trawangan

Gili Trawangan adalah pulau paling eksotis di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain pesona bawah lautnya yang indah, kecantikan Gili Trawangan yang sering diburu oleh para pelancong adalah pemandangan sunset dan sunrise-nya yang indah. Sunset akan semakin indah jika kamu melihatnya dari sebuah bukit di Gili Trawangan. Dari sini kamu akan melihat panorama Selat Bali dan Gunung Agung dari kejauhan. Cahaya emas sunset akan perlahan menidurkan pulau ini. Jika travelers singgah ke Gili Trawangan selama beberapa hari, kamu bisa mengulang beberapa angle sunset dan sunrise yang masih dirasa kurang. Alhasil, travelers akan pulang dengan koleksi beberapa foto terbaik dari Gili Trawangan.

(Visited 2,810 times, 1 visits today)

Comments

To Top