Destinasi

Keindahan Pantai Pandawa yang tersembunyi

pantai-pandawa

Bali tampaknya tak pernah berhenti memancarkan keindahan alamnya. Pantai Pandawa, yang dulunya dianggap angker oleh warga sekitar, kini menjadi primadona dari Bali Selatan.

Jika traveler sudah kenal dengan Pantai Kuta atau Nusa Dua yang lebih dulu jadi primadona, mengunjungi Pantai Pandawa wajib masuk itinerary saat plesiran ke Pulau Dewata.

 

pantai-pandawa

foto : indonesia.travel

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung. Dengan jarak kurang lebih tiga kilometer dari kawasan Nusa Dua dan Pura Uluwatu, mencapai Pantai Pandawa tak terlalu susah, apalagi pantai ini sudah kian populer di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Rute ke arah Pura Uluwatu menjadi patokan utama saat akan berkunjung ke Pantai Pandawa. Ketika menemukan perempatan setelah Garuda Wisnu Kencana (GWK), traveler hanya tinggal mengikuti jalan ke kanan menuju Ungasan sampai akhirnya menemukan jalan yang membelah karang. Dari sini, wisatawan cukup mengikuti jalan utama sampai menemukan persimpangan dengan penunjuk arah ke Pantai Pandawa.

Pantai Pandawa ini dikenal juga dengan sebutan secret beach atau pantai rahasia, karena letaknya yang memang tersembunyi di balik megahnya tebing. Dulunya Pantai Pandawa tak begitu populer di kalangan pecinta wisata karena aksesn jalannya yang cukup sulit.

Demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Pandawa, Pemerintah Kabupaten Badung memutuskan membuka akses jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km dengan membelah tebing kapur yang tinggi.

Tak heran, sebuah perjalanan unik bakal dilewati setiap berkunjung ke Pantai Pandawa karena traveler melalui jalan yang mulus dan diapit tebing yang  menjulang tinggi nan megah. Kemegahan tebing ini juga kerap memaksa wisatawan menghentikan kendaraan sejenak dan menjadikannya latar belakang foto sebagai kenang-kenangan.

Saat mulai memasuki kawasan Pantai Pandawa, deretan pantung Pandawa Lima yang terdiri dari Yudhistiwa, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa akan menyambut para pelancong. Maklum, nama Pantai Pandawa sendiri terinspirasi dari tokoh pewayangan Panca Pandawa. Kelima patung ini ditempatkan di dalam ceruk-ceruk tebing sehingga menambah eksotisme Pantai Pandawa.

Bisa apa di Pantai Pandawa?

Menyusul kian populernya Pantai Pandawa, sudah banyak wahana wisata yang disediakan di pantai ini. Ombaknya cukup tenang, sehingga kegiatan berenang di Pantai Pandawa terbilang aman atau sekadar bercanda di pinggiran pantai menikmati kelembutan pasirnya.

Tapi, kalau wisatawan ingin kegiatan yang lebih menantang di Pantai Pandawa, menjajal paralayang dari bukit timbis patut dicoba. Jernihnya air laut yang berwarna biru kehijauan serta pasir putih yang lembut menjadi merupakan panorama yang sedap dipandang mata dari ketinggian.

Salah satu aktivitas unik lain yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Pandawa adalah menjelajahi pantai dengan kano. Di sini, pengunjung bisa menyewa kano dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp 15.000 yang bisa digunakan untuk dua orang.

Bagi traveler yang ingin sekadar relaksasi juga tak perlu khawatir. Di Pantai Pandawa berjejer sunbed yang disewakan, lengkap dengan payung besar untuk mencegah sengatan sinar matahari langsung. Sambil meminum es kelapa serta jagung bakar, santai di Pantai Pandawa dijamin bisa menyegarkan kembali pikiran yang penat.

Wisatawan juga bisa berjalan menyisir bibir pantai dan menyaksikan petani membudidayakan rumput laut. Sudah sejak 1980-an Pantai Pandawa memang dijadikan tempat budidaya rumput laut dan sekarang aktivitas tersebut telah bekerja sama dengan negara lain seperti Denmark dan Amerika Serikat.

Oya, Pantai Pandawa juga memiliki fungsi lain selain tujuan wisata dan budidaya rumput laut. Pantai yang sering disebut pantai perawan ini digunakan sebagai lokasi upacara melasti yang digelar oleh masyarakat setempat setiap tahunnya.

Bagaimana traveler, sudah siap mengeksplorasi keindahan Pantai Pandawa?

(Visited 162 times, 1 visits today)

Comments

To Top