Destinasi

Keindahan Bawah Air Umbul Ponggok; ‘Bunaken Van Klaten’

Screenshot 2015-03-02 12.48.20

Tidak ada habisnya membahas keindahan bawah laut Indonesia. Sebagai negara dengan wilayah perairan yang sangat luas, berbagai pantai dan wisata air lainnya menjadi destinasi favorit tidak hanya wisatawan dalam negeri, tapi juga mancanegara. Keindahan Raja Ampat bahkan diakui sebagai salah satu lokasi diving terbaik di dunia. Atau Taman Nasional Bunaken yang kerap membuat pelancong kagum dengan aneka biota laut yang ditawarkan.

Sayang, untuk menyambangi dua tempat tersebut, Raja Ampat atau Bunaken, wisatawan dituntut mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan wisata ke Indonesia Timur masuk dalam pariwisata kelas atas yang cuma bisa dikunjungi oleh kalangan tertentu.

Nah kamu yang penasaran melihat indahnya kehidupan bawah laut namun yang terjangkau kantong, cobalah datang mengunjungi Klaten.

“Lho, kok Klaten? Emang Klaten punya laut?”

Pasti kamu bakalan heran, kan? Tenang, keraguan kamu akan terbayarkan dengan mengunjungi langsung lokasi ini, tepatnya di tempat wisata bernama Umbul Ponggok

Screenshot 2015-03-02 12.48.20
foto: umbulponggok.com

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polah Harjo, Klaten-Jawa Tengah. Belajangan, nama Umbul Ponggok makin tenar di kalangan wisatawan bahkan banyak yang menyebutnya Bunaken Air Tawar. Hmmm.. makin penasaran kan bagaimana keindahan Umbul Ponggok ini?

Sesampainya di sana, kamu tidak akan disuguhi pantai berpasir lembut, deburan ombak atau sepoi-sepoi pohon kelapa. Kenapa? Karena kamu hanya akan melihat kolam – mirip kolam renang – berukuran besar di Umbul Ponggok ini.

Lalu bagaimana dengan keanekaragaman ikan serta terumbu karang yang sudah digembar-gemborkan sejak awal?

Screenshot 2015-03-02 13.07.06
Foto: kaskus

Pada dasarnya, kolam Umbul Ponggok ini dialiri air yang berasal langsung dari mata air. Awalnya, keberadaan mata air ini hanya digunakan untuk keperluan biasa sebagai sumber air bersih untuk PDAM, mandi dan mencuci.

Tapi, seiring gencarnya pemberitaan mengenai indahnya Umbul Ponggok, tempat ini tak lagi di pandang sebelah mata. Meski ‘cuma’ berbentuk kolam, toh pengunjung tak bisa mengelak keindahan tempat yang juga disebut ‘Bunaken van Klaten’.

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, cuma Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya warna-warni ikan di dalam kolam. Buat kamu yang tidak membawa perlengkapan menyelam, tapi ingin merasakan sensasi snorkling, di sini disediakan penyewaan perlengkapan untuk menyelam.

Screenshot 2015-03-02 13.17.00
foto: salamjogja.blogspot.com

Karena suasana kolam yang mirip dengan laut sungguhan, Umbul Ponggok juga biasa dipakai untuk berlatih menyelam bagi para pecinta diving. Dengan ukuran kolam yang lebar dan kedalaman antara 150-200 cm, Umbul Ponggok dianggap pas menjadi alternatif latihan menyelam.

Uniknya lagi, di Umbul Ponggok juga disediakan jasa foto di dalam kolam. Jadi buat kamu yang tidak mau melewatkan momen keindahan dalam kolam Umbul Ponggok, bisa menyewa jasa fotografi ini dengan harga yang relatif terjangkau.

Screenshot 2015-03-02 13.15.25
foto: jogjapetualang.com

Bagaimana travelers, tertarik menikmati keindahan Umbul Ponggok?

(Visited 1,751 times, 1 visits today)

Comments

To Top