Destinasi

Kebun Teh Kemuning, Lukisan Alam Memikat Dekat Kota Solo

Sebagai salah satu destinasi kebudayaan di Jawa Tengah, kota Solo menyimpan segudang lokasi wisata yang menarik. Nggak cuma wisata kota, Solo juga menawarkan panorama alam terbuka bagi para pelancong yang ingin singgah.

Eksotisme alam yang dimaksud bisa kamu temukan 40 kilometer dari kota Solo. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar siap memanjakan liburan kamu bersama orang terdekat.

Hamparan luas kebun teh hijau berjajar rapi mengitari bukit Ngargoyoso beradu serasi dengan suhu udara sejuk berkisar 21 derajat di siang hari. Mirip banget dengan Kebun Teh di Puncak Bogor, Kebun Teh Kemuning terasa jauh lebih sunyi lantaran namanya belum terlalu dikenal masyarakat luas.

So, Pegipegi sangat menyarankan kamu buat singgah di kebun teh yang satu ini jika tengah berada di Solo. Kenapa? Well, berikut lima alasan kenapa kamu harus bersantai di Kebun Teh Kemuning.

Intip Proses Perkebunan Teh

Selain menawarkan keasrian dan kesejukan tiada tara, Kebun Teh Kemuning sangat terbuka buat siapapun yang ingin berkunjung. Termasuk soal proses penggarapan teh hijau yang jadi salah satu komoditi utama Kabupaten Karanganyar. Dengan rata-rata produksi 11 ton per hari, kamu bisa menemui dan bertanya kepada para petani teh di sana soal tips berkebun teh yang baik. Tentu saja sambil menikmati panorama yang ada di Bukit Kemuning ini.

Fun Tracking

Di setiap sudut Kebun Teh Kemuning, ada beberapa bukit-bukit kecil yang bisa kamu singgahi. Nah, jika kamu datang bersama para sahabat, ajak mereka untuk fun tracking menyusuri bukit perkebunan teh tersebut. Cari sudut menarik untuk berselfie ria sambil menghirup udara segar khas Kemuning. Hati-hati dengan permukaan yang licin. Maklum, setiap 30 menit sekali, Kebun Teh Kemuning sering diguyur hujan lokal yang berasal dari kabut pekat.

Akses Menantang Tapi Mudah

Soal akses, pesona alam dengan luas 437 hektar ini cukup mudah, kok. Jika kamu membawa kendaraan seperti motor, tinggal susuri jalan ke arah Tawangmangu, Karanganyar. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 1,5-2 jam saja sebelum sampai ke desa Kemuning, yang berada di timur wisata Tawangmangu. Meski aksesnya mudah dengan jalan beraspal, kondisi kendaraan harus siap ya. Lantaran, medan tanjakan menuju Kebun Teh Kemuning cukup terjal dan terkadang lincin.

Sunrise Menawan

Lantaran memiliki lanskap yang sangat luas, Kebun Teh Kemuning menjadi spot yang cocok buat berburu sunrise, lho. Cukup berangkat pukul 04:00 WIB dari Solo, kamu bisa mendapatkan panorama sunrise yang mungkin nggak ditemukan di bukit-bukit lainnya. Jika beruntung, berbagai burung terbang tinggi seiring dengan munculnya matahari dari balik Gunung Lawu. Udara yang mengandung oksigen alami bebas kamu hirup di sini tanpa harus khawatir kedinginan.

Ngeteh Nikmat ala Belanda

Lelah bertualang di Kebun Teh Kemuning? Itu saatnya buat kamu beristirahat sejenak. Nah, searah jalan pulang, kamu bakal bertemu sebuah kedai ngeteh yang cukup asyik, Rumah Teh Ndoro Donker. Mengusung konsep klasik ala kolonial Belanda, di sini kamu bisa menikmati sajian teh hijau yang dipetik langsung dari Kebun Teh Kemuning. Ada berbagai rasa yang ditawarkan, mulai dari teh hijau polos, mint hingga madu dengan teman camilan pisang bakar keju hingga ubi rebus yang pastinya nikmat banget. Soal harga, kamu cukup merogoh Rp 15-20 ribu untuk menikmati satu ceret teh asli Kemuning.

Mau ikutan menikmati udara segar di Kebun Teh Kemuning? Ayo pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Solo lewat Pegipegi! Selamat jalan-jalan.

pesan tiket pesawat murah ke Solo pesan tiket kereta api murah ke Solo  cari hotel murah di Solo

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 242 times, 4 visits today)

Comments

To Top