Destinasi

Kebun Binatang Gembiraloka, wisata fantastis di tengah kota Yogya

kebun-binatang-gembiraloka

Travelers, pada tahu nggak sih kalo Kota Yogyakarta juga punya kebun binatang? Namanya Kebun Binatang Gembiraloka dan letaknya strategis banget karena ada di tengah kota, tiket masuknya murah pula. Kebun Binatang Gembiraloka juga termasuk tempat wisata keluarga tertua karena udah ada sejak jaman Pegipegi masih SD loh.

kebun-binatang-gembiraloka

foto : njogja.co.id

Kebun Binatang Gembiraloka dibangun sejak 1933

Kisah berdirinya Kebun Binatang Gembiraloka berawal ketika di tahun 1933 Sri Sultan Hamengkubuwono VII menggagas ide pembangunan ‘bonraja’, atau sebuah tempat buat binatang-binatang peliharaan Sultan dan anggota keluarga kerajaan dan masyarakat diperbolehkan mengunjunginya. Namun sayang Sri Sultan ke-VII wafat sebelum pendirian Kebun Binatang Gembiraloka terealisasi.

Pembangunan Kebun Binatang Gembiraloka kemudian diteruskan oleh seorang staf Keraton Yogya yang bernama Tirtowinoto atas perintah KGPAA Paku Alam VIII di tahun 1959. Kebun Binatang Gembiraloka akhirnya selesai dibangun tak lama sesudahnya. Pada tahun 1978 Kebun Binatang Gembiraloka  sudah dikunjungi sekitar 1,5 juta orang, angka yang cukup fantastis untuk masa itu.

Kebun Binatang Gembiraloka dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, tepat di tepi Sungai Gajah Wong yang membelah Kota Yogyakarta. Sebagian wilayah Kebun Binatang Gembiraloka sampai saat ini dibiarkan seperti saat pertama kali kebun binatang ini dibangun, rapat dengan pepohonan tua yang rimbun. Bagian ini sengaja diperuntukkan sebagai hutan lindung untuk menyimpan air hujan di dalam tanah, travelers. Satwa pertama yang dimiliki Kebun Binatang Gembiraloka saat itu adalah  beberapa ekor macan tutul penghuni Gunung Merapi yang turun ke desa karena hutannya terbakar wedhus gembel (awan panas Merapi).

Kebun Binatang Gembiraloka juga pernah mengalami masa-masa sulit ketika satwa koleksinya banyak yang mati dan tidak terawat, fasilitasnya banyak yang rusak, cat-cat bangunan sudah memudar, pokoknya nggak menarik deh.  Kebun Binatang Gembiraloka juga pernah mengalami musibah, rusak parah akibat gempa yang terjadi di Yogyakarta pada Mei 2006 silam.

Atraksi menarik di Kebun Binatang Gembiraloka

Kini Kebun Binatang Gembiraloka tampil beda berkat sebuah renovasi besar-besaran yang dilakukan pada tahun 2010 sampai 2012. Penambahan beberapa wahana wisata dan satwa yang dirawat dengan baik membuat Kebun Binatang Gembiraloka nggak kalah keren dibandingkan kebun binatang baru semacam Batu Secret Zoo dan Taman Safari Indonesia. Hmm .. apa iya?

Sesudah melewati pintu gerbang kamu akan disambut sajian pameran aneka satwa dan flora yang telah diawetkan di Museum Gembiraloka, lengkap dengan keterangan tentang asal spesimen, cara berkembang biak dan informasi lainnya. Keluar dari museum kamu bisa lanjutkan tur kamu dengan melihat-lihat aneka satwa seperti harimau Sumatera, orangutan, kuda nil, rusa tutul, singa, beruang madu dan satwa migran pendatang baru, penguin. Ada juga ratusan ekor burung di Taman Burung Gembiraloka dan aneka reptil yang menghuni Taman Reptil dan Amfibi, travelers. Satwa andalan Kebun Binatang Gembiraloka adalah beberapa ekor komodo yang berhasil dikembangbiakkan oleh kru Kebun Binatang Gembiraloka di luar habitat aslinya. Kalo beruntung kamu bisa menyaksikan atraksi komodo lagi makan siang. Atraksi ini cukup mendebarkan karena sang komodo akan menampakkan sifat aslinya yang ganas begitu animal keeper melemparkan daging segar ke kandangnya.

Kebun Binatang Gembiraloka juga punya wahana permainan seru seperti Teater Satwa, Sepeda Air, perahu Senggol, Perahu Gethek, Speed Boat, Skuter Air, Sirkuit ATV dan Kapal Katamaran yang bisa bikin kamu basah kuyup. Adik atau keponakanmu pasti girang kalo main di Kolam Tangkap karena di sini mereka bisa main air sambil belajar cara menangkap ikan pake tangan. Kalo kamu ogah basah-basahan coba aja Terapi Ikan atau menonton beberapa spesies ikan raksasa di Kolam Araphaim Kebun Binatang Gembiraloka.

Perut mulai keroncongan? Nggak usah panik atau buru-buru pulang, travelers. Mampirlah ke Mayang Tirta, sebuah kapal besar di tengah danau buatan yang terlihat jelas dari pintu gerbang Kebun Binatang Gembiraloka. Di sini kamu bisa memesan makanan lezat khas Yogyakarta buat mengganjal perut sambil menikmati pemandangan sekeliling yang asri dan pasti membuat hatimu merasa gembira, persis seperti nama kebun binatang ini.

Pengen seru-seruan di Kebun Binatang Gembiraloka bersama seluruh angota keluarga atau teman-teman kamu? Ayuk cari info tentang jadwal keberangkatan pesawat dan memesan kamar hotel murah dan nyaman di sekitar Yogyakarta hanya di Pegipegi.com

(Visited 237 times, 1 visits today)

Comments

To Top