Destinasi

Ke Yogyakarta? Yuk, Kunjungi 8 Tempat Wisata Anti Mainstream Ini!

Candi Ratu Boko Jogja

Yogyakarta mempunyai sejuta pesona yang tiada duanya. Jadi, gak heran kalau di sana banyak tempat anti-mainstream yang wajib dikunjungi untuk menambah pengalaman sekaligus daftar destinasi wisata menarik buat kamu.

Lalu, apa saja destinasi wisata anti-mainstream di Yogyakarta rekomendasi dari Pegipegi? Yuk, simak selengkapnya!

Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah tebing yang terbentuk dari batu kapur dengan pahatan yang berbentuk naga. Berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit hingga terbenam dengan indah. Selain itu, ketika cuaca mendukung, kamu juga bisa menikmati keindahan bintang pada malam hari dengan jelas dari tebing ini.

Istana Ratu Boko

Salah satu candi hits yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Candi Ratu Boko atau Istana Ratu Boko. Candi ini mempunyai ciri khusus seperti sebuah pintu. Wisatawan yang berkunjung biasanya ingin menikmati keindahan sunset dari bangunan candi. Candi ini juga cocok banget jadi spot foto menarik nih, SobiPegi.

Candi Ijo

Candi Ijo terletak di dataran yang cukup tinggi sehingga cocok menjadi tempat untuk melihat indahnya sunset. Candi ini terletak gak jauh dari Candi Prambanan, yang menjadi salah satu ikon wisata sejarah terkenal di Yogyakarta. Karena keindahan Candi Ijo, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan muda yang gemar untuk berfoto dengan latar belakang candi dan sunset yang memukau.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram seperti Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman beserta koleksi bermacam-macam batik, baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta. Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja dan permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Di museum ini, kamu juga bisa mengenal berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya. 

Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika kamu berkunjung ke Pantai Parangtritis, jangan lupa mampir juga ke salah satu tempat eksotik di Yogyakarta, yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Di sini, kamu bisa melihat gundukan pasir yang cocok banget buat kamu bermain sandboarding hingga berfoto dengan pemandangan seperti di gurun pasir. Sebaiknya berkunjung ke sini pagi sebelum matahari terik atau sore hari menjelang matahari terbenam supaya kamu gak kepanasan yah, SobiPegi.

Taman Mangunan

Taman Mangunan ini sangat cocok dikunjungi pada pagi hari. Saat matahari terbit, kamu bisa melihat pemandangan kabut yang berbentuk seperti awan menyelimuti perbukitan di bawah taman ini. Pemandangan memukau ini membuat kamu seperti sedang berada di negeri di atas awan loh, SobiPegi. Yakin gak penasaran?

Pantai Jogan

Berkunjung ke Pantai Jogan yang terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, kamu bisa menikmati keindahan antara air terjun hingga pemandangan laut luas yang memesona. Di sini, kamu bisa melihat bagaimana air terjun yang turun ke laut. Buat kamu yang ingin menguji adrenalin, kamu bisa menaiki gondola yang dibuat untuk menyebrangi tebing di pantai ini loh. Berani gak nih, SobiPegi?

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge, kawasan wisata yang terletak di kecamatan Cangkringan ini terdiri dari batuan yang tersusun dengan bentuk unik yang terbentuk dari proses alamiah. Semakin memukau dengan pemandangan pegunungan Merapi yang cocok banget sebagai tempat berfoto yang Instagramable.

Nah, itu dia deretan tempat wisata anti-mainstream di Yogyakarta yang bisa SobiPegi kunjungi. Buat kamu yang ingin traveling ke Yogyakarta, biar lebih praktis dan terjangkau, jangan lupa pesan akomodasi dan transportasi di Pegipegi. Ingat! Selalu terapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada, supaya liburan lebih nyaman dan aman ya.

Comments

To Top
%d bloggers like this: