Destinasi

Ke Riau, jangan lupa mampir ke tempat Ini

Riau. Berapa banyak dari travelers yang suka pergi ke sana? Dibandingkan Medan, Padang atau Palembang, Riau memang kurang terdengar gaungnya. Tapi jangan salah travelers, Riau punya banyak tempat wisata yang nggak kalah indahnya dibandingkan dengan di tempat lainnya.

Sekadar menyegarkan ingatanmu, Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Provinsi ini meliputi Kepulauan Riau, sekelompok besar pulau-pulau kecil (pulau-pulau utamanya antara lain Pulau Batam dan Pulau Bintan) yang terletak di sebelah timur Sumatera dan sebelah selatan Singapura.

Nah, kemudian kepulauan ini dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada Juli 2004. Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru. Kota besar lainnya antara lain Dumai, Selat Panjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang, dan Rengat. Menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia, membuat kamu bisa mengeksplor lebih banyak tempat wisata di sana. Tapi kira-kira apa saja ya tempat-tempat wisata yang indah di Riau ini? Yuk kita cek.

1. Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis_situsriau

Kalau kalian sedang berada di Riau, jangan lupa main ke benteng ini. Dikenal dengan julukan “Benteng Aur Duri”, benteng ini merupakan kubu pertahanan terakhir pejuang dalu-dalu di bawah pimpinan Tuanku Tambusai “Harimau Paderi Dari Rokan” yang melawan serbuan kaum kolonial Belanda.

Kubu ini menjadi saksi bisu kepahlawanan dan semangat pantang menyerah dari anak negeri Tuanku Tambusai, yang sudah meninggal dan dimakamkan di negeri seberang Saremban, Malaysia. Benteng ini terdapat di Desa Dalu-dalu Kecamatan Tambusai, yang berjarak lebih kurang 252 dari Kota Pekanbaru.

2. Danau Limbungan

danau limbungan_kotawisataindonesia

Tempat ini merupakan sebuah bendungan yang dibangun dengan tujuan pengairan. Bendungan ini terdapat di daerah yang dikelilingi perbukitan berpanorama alam indah serta memiliki daya tarik sebagai tempat wisata. Potensi yang tidak bisa dibilang main-main di daerah tersebut, membuat tempat ini kemudian dikembangkan sebagai daerah wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana untuk keperluan rekreasi, seperti sepeda air, perahu, restoran, panggung hiburan, taman bermain, cottage, dan masih banyak lagi. Asyiknya nih travelers, tempat rekreasi ini hanya berjarak 10 kilometer (km) dari pusat kota Pekanbaru dan dapat dicapai oleh angkutan umum.

3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Sempatkan berkunjung ke tempat wisata ini di kala travelers ke Riau. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang memiliki luas sekitar 144.223 hektare ini merupakan ekosistem hutan hujan tropika daerah dataran rendah. Kawasan daerah ini merupakan peralihan di antara hutan rawa dan hutan pegunungan dengan ekosistem yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan kawasan taman-taman nasional lainnya yang ada di Indonesia.

Hamparan perbukitan yang terpisah dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan dan berbatasan dengan Provinsi Jambi akan kalian temui. Indahnya daerah ini bisa membuat kalian “lupa diri”. Tempat ini merupakan sebuah daerah tangkapan air, sehingga membentuk beberapa sungai-sungai kecil yang juga merupakan hulu dari sungai-sungai besar di daerah sekitarnya.

4. Pantai Rupat Utara Tanjung Medang

pantai rupat_pariwisatariau

Pantai ini terletak di Kecamatan Rupat, Pulau Rupat. Kawasan pantai Pasir Panjang ini mempunyai beberapa bagian, yaitu Tanjung Medang, Teluk Rhu, dan Tanjung Punak di Kecamatan Rupat yang berhadapan langsung dengan Kota Dumai.

Kamu bisa dengan mudah mencapainya dari Dumai yang tersedia beberapa transportasi laut untuk penumpang umum. Pasirnya yang putih dan bersih membuat para travelers ingin sekadar mandi, berjemur, berolahraga air, bahkan bersantai untuk menikmati kejernihan air lautnya dengan ombak yang sedang.

5. Air Terjun Aek Martua

air terjun aek martua_segmennews

Letaknya di kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Tempat ini adalah sebuah air terjun bertingkat-tingkat, sehingga sering dijuluki air terjun tangga seribu. Untuk menuju tempat ini, kalian dapat menempuhnya melalui jalan darat, di mana kira-kira dua per tiga dari bawah terdapat kuburan pertapa Cipogas, dengan air terjun yang memiliki bentuk bertingkat-tingkat. Nggak bakal menyesal deh kalau kamu sudah ke tempat ini.

 

Cari hotel di daerah Pekanbaru? Yuk langsung cek di Pegipegi!

 

 

 

(Visited 5,130 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top