Kuliner

Ke Jogja, Jangan Lupa Mencicipi Makanan Ini

Yogyakarta memang termasuk salah satu kota paling populer yang dikunjungi turis di Indonesia. Bukan hanya statusnya sebagai kota pelajar yang benar-benar nyaman untuk dihuni, namun beberapa aspek seperti tempat wisata juga dijamin bisa menjadi salah satu daya tarik dari daerah Ngayogyakarto ini. Selain tempat wisata yang menarik, Jogja juga memiliki kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja makanan khas dan legendaris dari Jogja? Kita simak sama-sama yuk!

Gudeg

Makanan Khas Jogjakarta 2

Tidak pas rasanya ke Jogja tidak makan Gudeg. Makanan khas dari Yogyakarta itu memang menjadi salah satu daya tarik dari dunia kuliner Jogja. Gudeg sendiri merupakan makanan dengan bahan utama nangka muda yang dimasak selama berjam-jam dengan menggunakan santan. Gudeg memiliki rasa yang legit dan gurih serta sedikit manis. Pusat gudeg di Jogja sendiri berada di daerah Wijilan dimana memang terdapat banyak warung-warung gudeg di sepanjang jalan tersebut. Salah satu nilai plus gudeg adalah sifatnya yang tahan lama, apalagi jika disimpan di kendil.

Sate Klathak

sate klatak

Salah satu makanan legendaris yang terdapat di Jogja adalah sate klathak. Sate klathak pada dasarnya adalah sate kambing muda yang menggunakan jeruji besi sepeda yang dibumbui dengan garam dan merica. Kesegaran rasa dan nikmatnya daging kambing muda tersebut menjadi salah satu ciri khas dan citarasa sate klathak tersebut.

Kipo

kipo

Kipo merupakan salah satu jajanan pasar legendaris yang hanya bisa didapatkan di daerah Kota Gede Yogyakarta. Kipo ini menggunakan ketan yang berwarna hijau dimana di dalamnya diberikan gula jawa dan dibungkus dengan daun pisang. Kipo kemudian dipanggang di atas cobek dan ditambahkan daun pandan yang membuat cita rasa dan harumnya semakin menggugah selera. Ketika berkunjung ke Jogja, jangan lupakan panganan yang satu ini ya, travelers.

Bakmi Jowo

mie_godog_jawa

Sebenarnya bakmi ini memang sudah banyak ditemukan di sekitar pinggir jalan Yogyakarta. Bakmi yang dimasak menggunakan anglo dan juga dimasak di atas bara api ini memang memiliki cita rasa yang berbeda. Apalagi ada berbagai menu pilihan seperti Magelangan, bakmi godhok nyemek yang semakin menggugah selera.

Nasi Kucing angkringan

nasi-kucing

Yang namanya angkringan, cuma ada di Jogja. Di angkringan ini sebenarnya hanya terdapat nasi kucing dimana nasi dibungkus dengan porsi mini dan ditambahkan oseng tempe, sambal teri dan terkadang mie goreng. Namun makanan tambahan seperti gorengan, tahu bacem, hingga tempe bacem ataupun sate telor dan sate usus bisa ditemukan di gerobak angkringan tersebut. Seru ya buat nongkrong bersama teman-teman!

Sup Kembang Waru

sup kembang waru

Salah satu makanan legendaris Jogja yang tidak boleh dilewatkan adalah Sup Kembang Waru. Sup ini biasanya hanya disajikan di acara pernikahan atau resepsi pernikahan adat Jogja. Jadi sangat jarang ditemukan di warung-warung. Namun jika travelers berminat menikmati Sup kembang waru ini, Pasar Bringharjo bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati Sup Kembang Waru tersebut.

Gathot Thiwul

Makanan Khas Jogjakarta 1

Makanan khas legendaris Jogja lainnya adalah Gathot Thiwul. Kedua makanan ini memang merupakan duet yang nikmat. Keduanya sama-sama dibuat dari ketela atau singkong. Hanya bedanya Thiwul dibuat dari ketela yang ditumbuk halus. Sementara Gathot merupakan ketela yang dipotong kecil-kecil. Menikmati suasana pagi Jogja sembari menikmati gathot thiwul dan disandingkan dengan kopi dan teh, bisa dibayangkan nikmatnya kan?

Kopi Joss

kopi joss

Pernah mencoba kopi hitam yang dicampur dengan arang ? Mampirlah ke angkringan Pak Man yang berada di sebelah utara Stasiun Yogyakarta. Kopi yang bernama Kopi Joss ini memiliki cita rasa yang enak dan bisa menolak penyakit flu dan juga masuk angin. Waah…makin penasaran ya, travelers?

 

(Visited 880 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top