User Review

Kawah Ijen dan pesona blue fire – nya yang langka

Kawah Ijen Blue Fire

Indahnya Pesona Kawah Ijen blue fire

Membahas keindahan alam Indonesia memang tak ada habisnya. Itu sebab Indonesia termasuk salah satu destinasi wisata yang berhasil menarik minat turis tidak hanya lokal, tapi juga mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang banyak disambangi turis mancanegara adalah Kawah Ijen yang masuk dalam wilayah provinsi Jawa Timur, tepatnya di antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

Kawah Ijen Blue Fire

Foto: andinititi.wordpress.com

Apa sih yang membuat Kawah Ijen begitu menarik? Ada banyak alasan mengapa kawah ini berhasil membius para pengunjung. Alasan utama yang membuat kawah di kawasan gunung setinggi 2.443 m dari atas permukaan laut ini begitu memikat atensi wisatawan adalah pesona blue fire atau api biru yang dimilikinya.

Hebatnya lagi, si blue fire  ini hanya ada dua di dunia jadi gak heran banyak wisatawan asing rela menyambangi Kawah Ijen ini, karena satunya lagi ada di Islandia.  Tapi, seperti kata pepatah, tidak ada surga yang dicapai dengan mudah, pun dengan keindahan Kawah Ijen. Mesti ada perjuangan cukup berat yang harus kamu lalui demi menjadi saksi pesona blue fire.

 

Cara menuju Kawah Ijen

Terletak diantara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, kamu bisa menyambangi Kawah Ijen bisa menempuhnya melalui dua arah, utara dan selatan. Jika kamu dari utara, Kawah Ijen bisa ditempuh melalui Situbondo menuju Sempol di Bondowoso untuk kemudian ke Paltuding, dengan jarak sekitar 93 km. Sementara dari Selatan, kamu bisa start dari Banyuwangi menuju Licin dengan jarak tempuh 15 km, lalu dilanjutkan ke Paltuding yang menjadi start pendakian.

Usaha kamu gak berhenti sampai di sini, karena dari pos pendakian Paltuding masih butuh kurang lebih tiga jam dengan berjalan kaki untuk sampai ke Kawah Ijen. Kalau kamu ingin mendapat pemandangan paling spektakuler si blue fire dan sunrise di Kawah Ijen, sebaiknya kamu memulai pendakian pukul satu dini hari.

souvenir kawah ijen

foto: leaveyourdailyhell.com

Api biru bukan satu-satunya pemandangan yang bisa kamu lihat di Kawah Ijen. Di kawasan gunung berapi yang sepanjang sejarahnya telah empat kali meletus (1796, 1817, 1913 dan 1936) terdapat pertambangan belerang. So, kamu bisa menyaksikan aktivitas penambangan belerang tradisional dari warga setempat. Sebagai kenang-kenangan, kamu juga bisa membeli souvenir berbahan belerang yang banyak dijual di sekitar areal kawah.

 

Tips mendaki Kawah Ijen

Seperti yang sudah disinggung di atas, tidak mudah untuk menyaksikan pesona blue fire di Kawah Ijen. Untuk itu, pegi-pegi memberikan beberapa tips biar perjalanan kamu nyaman.

  1. Menyiapkan fisik

Karena pendakian akan dilakukan saat dini hari dengan jarak tempuh sekira tiga kilometer, kamu wajib menjaga fisik sebelum melakukan pendakian. Ada baiknya kamu cukup istirahat atau olahraga ringan beberapa hari sebelum pendakian.

  1. Membawa perlengkapan

Jaket dan senter termasuk perlengkapan yang tidak boleh kamu lupakan saat menuju Kawah Ijen. Kenapa? Jaket sangat dibutuhkan untuk membantu menghangatkan tubuh, mengingat kamu melakukan pendakian saat dini hari, di mana cuaca sangat dingin menusuk kulit. Sementara senter berguna sebagai alat penerangan kamu. Ingat, gak ada penerangan sepanjang trekking menuju Kawah Ijen.

  1. Jangan lupa bekal

Selain perlengkapan menanjak, urusan perut juga gak boleh terlupakan. Itu sebab, kamu harus siap membawa makanan dan minuman sebagai bekal menanjak. Di tengah cuaca dingin dan lelah, perut kamu akan lebih mudah keroncongan. Oya, jangan membuang sampah bekas makanan dan minuman kamu sembarangan ya.

  1. Jangan malu beristirahat!

Jangan cuma karena ingin dibilang pendaki sejati, kamu gengsi untuk istirahat di tengah perjalanan saat kaki sudah mulai lemah. Menghentikan perjalanan sejenak hanya untuk meluruskan kaki, boleh-boleh saja kok.

  1. Tidak melanggar aturan petugas

Sebelum melakukan pendakian dari pos Paltuding, kamu akan diberikan sejumlah pengarahan dari petugas setempat. Pendaki yang memiliki penyakit tertentu bakal dilarang ikut mendaki atau jika cuaca tidak memungkinkan, kawasan Kawah Ijen juga bakal ditutup. Jangan coba-coba melanggar peringatan petugas ya.

Nah, udah tahu lebih banyak tentang Kawah Ijen kan? Sekarang waktunya kamu merencanakan perjalananmu secara matang agar lebih tenang saat traveling nanti. Cek harga tiket pesawat termurah di pegipegi.com dan manfaatkan berbagai macam promo agar hemat maksimal, traveling total!

 

(Visited 642 times, 1 visits today)

Comments

To Top