Event & Festival

Karnaval Khatulistiwa Pontianak, meriah dan spektakuler

karnaval-khatulistiwa-pontianak

Indonesia baru saja merayakan HUT kemerdekaan yang ke-70. Suasananya pun makin meriah dengan adanya Karnaval Khatulistiwa Pontianak yang menjadi puncak hajatan besar bangsa Indonesia. Karnaval Khatulistiwa Pontianak yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2015 ini sukses menyuguhkan parade kebudayaan nusantara yang begitu kaya dan beragam. Yuk, intip gimana spektakuler-nya acara Karnaval Khatulistiwa Pontianak Kalimantan Barat kemarin.

karnaval-khatulistiwa-pontianak

foto : http://beritadaerah.co.id/

Karnaval Khatulistiwa Pontianak yang meriah

Karena momen ini jadi puncak parade budaya bangsa, propinsi lain di tanah air pun tak ragu mengirimkan delegasinya untuk memamerkan kekhasan yang dimiliki. Acara yang super meriah ini berhasil menyedot perhatian pengunjung dan ini dibuktikan dari berjubelnya masyarakat yang terlihat antusias menunggu di kanan kiri rute yang akan dilewati dalam acara Karnaval Khatulistiwa Pontianak.

Suara dentuman keras sebanyak 70 kali dari meriam karbit menjadi tanda dimulainya Karnaval Khatulistiwa Pontianak. Peserta dari berbagai daerah yang ikut dalam acara ini memulai parade dari rumah adat Kalimantan Barat dan berjalan sejauh 5 km menuju alun-alun Kapuas. Benar-benar pesta rakyat yang membuat pengunjung dan wisatawan yang datang larut dalam kegembiraan.

Seperti halnya pawai budaya lainnya, marching band, mobil hias dan peserta yang mengenakan kostum adat daerah menjadi suguhan menarik. Karena tempatnya ada di Kalimantan Barat, kostum khas dari Dayak-lah yang menjadi sajian utama arak-arakan. Apalagi panitia menambah kemeriahan dengan ikutnya hampir 50 kelompok seni yang ada di Kalimantan Barat serta 500-an orang penari Dayak untuk menghibur pengunjung yang datang dalam Karnaval Khatulitiwa Pontianak.

 

Kemeriahan di sungai saat Karnaval Khatulistiwa Pontianak

Kalau acara di atas dilaksanakan di daratan, acara selanjutnya yang tak kalah menarik adalah karnaval yang dilakukan di atas air. Karnaval Khatulistiwa Pontianak ini emang unik banget travelers karena jarang-jarang rute yang dilewati berupa sungai. Itulah uniknya pesta rakyat yang diselenggarakan baru-baru ini.

Tapi karena sungai menjadi salah satu akses transportasi utama di Kalimantan, konsep acaranya pun menggabungkan parade di atas air dan di darat. Deretan perahu hias yang membanjiri sungai menjadi pemandangan yang begitu berbeda. Meriam karbit yang menjadi penanda dimulainya parade di atas sungai dilakukan di anjungan masjid tertua di Kalimantan Barat, yaitu Masjid Sultan Abdurrahman.

Yang ikut arak-arakan Karnaval Khatulistiwa Pontianak di atas sungai nggak hanya puluhan kapal. Tapi ada sekitar 1.500 armada dari berbagai propinsi di Indonesia, baik dalam bentuk perahu kecil, kapal kelotok, dan kapal hias bandong yang menyesaki Sungai Kapuas, yaitu sungai terpanjang di Indonesia. Parade kapal ini akan dilakukan dari Sungai Kapuas Kecil hingga sampai ke Sungai Kapuas Bisar.

Masyarakat yang tinggal di pinggiran Sungai Kapuas sudah siap siaga dan mencari tempat strategis untuk bisa menyaksikan langsung Karnaval Khatulistiwa Pontianak yang cukup menghebohkan karena biasanya acara akbar ini dilakukan di Jakarta. Tapi kali ini dipercayakan pada Kalimantan Barat untuk bisa menarik banyak wisatawan yang berwisata ke Indonesia bagian timur.

Pada puncak acara Karnaval Khatulistiwa Pontianak, pengunjung yang datang akan dihibur oleh artis ibukota seperti Ello, Slank dan artis lokal lain di malam hari. Benar-benar acara meriah dan jadi hiburan gratis masyarakat Pontianak dan sekitarnya. Panggung hiburan yang ditampilkan dalam Karnaval Khatulistiwa Pontianak juga menjadi daya tarik tersendiri. Nggak cuma itu, kemeriahannya makin bertambah dengan berbagai macam kegiatan menarik yang dilakukan di sungai dan darat. Teknik pencahayaan dan suasana yang didesain khusus membuat rangkaian acara karnaval jadi unik banget.

Momen Karnaval Khatulistiwa Pontianak memang tak akan terlupakan. Meriah, beda, spektuler, unik, dan tentu saja berhasil membuat pesta rakyat benar-benar dinikmati olah masyarakat di sana.

(Visited 252 times, 1 visits today)

Comments

To Top