Destinasi

Kambang Iwak Family Park, keindahan di balik keterpurukan

kif-park-palembang

Travelers, kalau kamu sedang berkunjung ke Palembang, jangan ragu ke Kambang Iwak Family Park, ya. Nggak cuma indah, taman ini menyimpan kenangan ketika Belanda menjajah bangsa Indonesia dulu. Dan yang paling penting, berkunjung ke sini gratis!

Kambang Iwak Family Park (KIF Park) atau yang juga dikenal dengan Taman Wisata Kambang Iwak ini memang jadi tempat wisata murah meriah bagi masyarakat Palembang. Cocok sekali buat traveler yang ingin menghilangkan penat dari kesibukan setiap hari.

kif-park-palembang

Jatuh Bangun Kambang Iwak Family Park

Keberadaan Belanda yang menjajah Indonesia hingga 3,5 abad lamanya memang menyisakan kepedihan. Tapi, dengan periode jajahan yang selama itu, tentu banyak jejak-jejak peninggalan tempat bersejarah yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Palembang.

Nah, salah satu peninggalan Belanda di kota mpek-mpek ini adalah Kambang Iwak Family Park, travelers. Jadi dulunya, taman ini sengaja dibuat sebagai tempat rekreasi warga Belanda yang memang tinggal di sekitara tempat tersebut.

Maka nggak heran, banyak permukiman bergaya Belanda yang masih kokoh berdiri di sekitar Kambang Iwak Family Park. Salah satu bangunan mewah ini sekarang menjadi rumah dinas Walikota Palembang, travelers.

Pembuatan Kambang Iwak Family Park awalnya didorong keinginan supaya Palembang bisa menjadi kota taman seperti Bandung, yang sudah kesohor sebagai kota taman sejak zaman Hindia Belanda. Karena itulah, sejak tahun 1900 kawasan ini dibuat seasri mungkin oleh Belanda dengan menanam banyak pohon rindang yang masih menyejukkan sampai sekarang.

Sayang travelers, ketika Belanda akhirnya angkat kaki dari Bumi Pertiwi menyusul kemerdekaan Indonesia pada 1945, kondisi Kambang Iwak Family Park justru kurang terawat dan jadi memprihatinkan. Kawasan ini tampaknya luput dari perhatian pemerintah sehingga jadi kurang terurus.

Kawasan Kambang Iwak Family Park bahkan sempat sangat terpuruk di era 1980 sampai 1990-an karena dijadikan tempat prostitusi Palembang. Baru di awal 2000-an Kambang Iwak Family Park kembali dipoles dan mulai kembali memancarkan kecantikannya.

Untuk mempersiapkan PON 2004, setiap sudut Kota Palembang disulap, tak terkecuali Kambang Iwak Family Park ini, travelers. Kesan jorok dan menyeramkan pun langsung sirna dan kini Kambang Iwak Family menjelma jadi tempat wisata yang mewah dan modern, namun tetap asri dan jadi tempat favorit untuk kumpul-kumpul dengan keluarga atau sahabat.

Karena minat kunjungan ke Kambang Iwak Family Park selalu meningkat, berbagai sarana dan prasarana pun terus dilengkapi di kawasan ini. Travelers bisa menyewa perahu atau sepeda air untuk mengelilingi danau yang ada di tengah-tengah kawasan ini.

Ingin rekreasi yang menyehatkan? Kambang Iwak Family Park juga bisa menjadi pilihan pas, karena di sini terdapat jogging track yang mengelilingi area danau. Kapan lagi olahraga sambil ditemani pemandangan yang asri, travelers?

Tapi bagi travelers yang hanya ingin relaks menghabiskan waktu, di Kambang Iwak Family Park juga terdapat banyak kursi. Duduk santai sambil memakan camilan di bawah rindangnya pepohonan juga nggak kalah seru, travelers.

Kambang Iwak Family Park tidak hanya ramai dikunjungi pada siang hari, travelers. Banyak juga wisatawan yang datang ke Kambang Iwak Family Park saat malam hari. Air mancur dengan cahaya lampu menjadi perhatian tersendiri di sini, ditambah lampu warna-warni lampu yang menghiasi hampir setiap sudut taman.

Karena segala keindahan inilah, Kambang Iwak Family Park menjadi tempat penilaian yang kemudian mengantar Palembang menyabet penghargaan Asean Environment Sustainable City 2008 sebagai kota paling bersih se-ASEAN! Nggak cuma itu, Kambang Iwak Family Park juga dinobatkan sebagai taman kota terbaik se-Indonesia, travelers.

Kapan lagi berwisata sejuk ke taman yang cantik tanpa dipungut biaya alias gratis kalau nggak ke Kambang Iwak Family Park?

(Visited 363 times, 1 visits today)

Comments

To Top