Destinasi

Kahatola, Air Terjun di Tebing Batu Halmahera Barat, Maluku

Mengeksplor Maluku, jangan lupa hampiri Halmahera Barat, soalnya di sana ada Air Terjun Kahatola di daerah Loloda. Air terjun tersebut memiliki arti menjorok ke laut. Untuk menuju Air Terjun Kahatola, kamu harus menyewa speed boat dari Pelabuhan Jailolo dan memakan waktu sekitar tiga jam. Meskipun cukup melelahkan, namu  pemandangan di sepanjang barat Halmahera begitu indah dan bisa menghapus rasa lelahmu. Kalau sudah sampai ke Air Terjun Kahatola, sekalian aja diving di Loloda.

Sesampainya di Air Terjun Kahatola, kamu akan kagum dengan tebing batu yang tinggi dan terjal mengelilingi pulau. Di salah satu bagian tebing karang yang terjal itulah terdapat Air Terjun Kahatola yang indah. Uniknya, Air Terjun Kahatola bukan berasal dari aliran sungai, namun dari luberan air yang terkumpul di sebuah cekungan. Air tersebut berasal dari rembesan air tanah yang tekumpul dari air hujan, tetesan-tetesan embun yang meresap ke dalam tanah, juga humus. Air terjun ini juga mengucur sepanjang tahun dan tak mengenal musim.

Namun, debit air menjadi lebih sedikit saat musim panas. Biasanya hanya mengucur di bagian tengah batu. Berbeda dengan saat musim hujan di mana air mengucur lebih deras. Selain keindahan air terjun, pengunjung akan dibuat kagum dengan tebing batu yang cukup tinggi dan terjal. Tebing batu tersebut mengelilingi pulau dan terdapat beberapa pepohonan di kanan dan kirinya. Air yang mengucur dari batu yang cukup terjal langsung masuk ke laut. Makanya nggak disarankan untuk nyebur saat main di sana.

Tertarik buat main ke Air Terjun Kahatola? Main ke Ambon sekalian, deh! Yuk, pesan tiket pesawat,  dan cari hotel murah di Ambon lewat aplikasi dan web Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top